Guna mengoptimalkan pelayanan kepada peserta jaminan sosial, Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan telah bersinergi dengan beberapa perbankan untuk menerapkan service point office (SPO). Hal itu ditujukan guna memudahkan peserta yang masih terkendala dalam proses pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT).
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palembang, Asran Pane mengatakan, dengan adanya penambahan layanan tersebut, maka peserta yang ingin mengajukan klaim JHT tidak perlu lagi harus datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Peserta bisa langsung mendatangi langsung bank-bank tersebut.
“SPO dengan perbankan akan sangat membantu para pekerja, baik itu dalam hal klaim jaminan hari tua maupun pendaftaran peserta,” katanya, Jumat (28/6)
Hal ini, kata dia, selain mempercepat proses pelayanan kepada peserta juga akan mengurangi antrian peserta yang melakukan klaim JHT langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. “Untuk wilayah Kota Palembang, kami telah membuka layanan SPO di Bank Mandiri cabang Arivai dan di BNI cabang Musi,” jelasnya.
Dia menjelaskan, setelah tambahkannya modul SPO dalam sistem bank, maka petugas bank bisa langsung melakukan verifikasi data peserta yang melakukan pengajuan klaim dan bisa langsung di terbitkan voucher pembayarannya nanti akan di bayarkan melalui transfer ke rekening bank peserta yang bersangkutan.
“Proses yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di kantor cabang BPJS Ketenangakerjaan tersebut kini bisa dilakukan di kantor kantor bank yang sudah bekerjasama,” katanya. (vv)