Antisipasi Corona, Plt. Bupati Muara Enim Sidak Ketersediaan Sembako Di Pasar

0

Urban ID - KORDANEWS – Plt.Bupati Muara Enim H. Juarsah,SH bersama Kapolres Muara Enim AKBP AKBP Donni Eka Syahputra, SH,SIK,MM, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Syafruddin, Sekretaris Daerah Ir,H. Hasanudin,M.,Si yang didampingi oleh Kepala perangkat daerah antara lain Kadinkes,Kadishub,Kadin Perdagangan,Kadin Kominfo, Kadin DLH dan beberapa Kepala OPD lainnya melaksanakan sidak ke sejumlah pertokoan hingga ke pedagang ikan dan daging di kompleks Pasar Inpres Muara Enim untuk mengecek ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok serta mencegah penimbunan barang. Sabtu, (21/03/2020) Pada kesempatan tersebut Plt. Bupati mengatakan kegiatan ini adalah langkah untuk mengantisipasi ketersedian bahan pokok dalam rangka menghadapi wabah virus Corona Virus Disease – 19 (Covid-19).

“Pada kesempatan Ini kita lakukan survey pasar untuk memastikan harga dan ketersedian sembako, setelah beberapa toko kami datangi ternyata harga pasar relative stabil dan kondisi ketersediaannya pun cukup, tidak ada masalah cuman ada beberapa barang seperti gula mengalami kenaikan karena menurut pedagang, gula yang tersedia adalah gula impor tapi stoknya relatif aman. Terhadap hal ini, untuk mengatasinya jika memang kondisi pasar sudah tidak baik atau ada kenaikan harga secara signifikan maka Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Perdagangan akan melakukan operasi pasar karena kita ada stok yang tersedia di Bulog, semua tidak ada masalah” Ucapnya. Untuk stok sembako sendiri di Kabupaten Muara Enim masih cukup dan aman untuk 3 bulan kedepan, sementara untuk antisipasi menghadapi wabah virus Corona Virus Disease – 19 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah mengeluarkan Surat Edaran dan membentuk gugus tugas pencegahan dan penyebaran penyakit Corona Virus Disease – 19 (Covid-19)

“Masyarakat tidak perlu panik namun tetap harus waspada dengan mengedepankan pola hidup hidup bersih dan sehat, menghindari kontak fisik yang tidak perlu atau social distancing dan menghindari tempat keramaian, Jika tidak terlalu penting sekali untuk tidak melakukan kegiatan keramaian, untuk tempat ibadah agar menjaga kehigienisan tempat ibadah serta yang ingin beribadah lebih baik membawa peralatan nya dari rumah”. Tambahnya lagi Untuk pencegahan dalam surat edaran tersebut Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah mengambil kebijakan untuk institusi Pendidikan PAUD,TK untuk belajar dirumah, SD dan SMP menghentikan kegiatan ekstrakulikulernya dulu, sementara untuk ASN tetap bekerja seperti biasa tapi menghindari kegiatan seperti Apel,Upacara atau rapat-rapat ramai, serta menunda perjalanan dinas yang tidak terlalu mendesak namun kebijakan ini akan dievaluasi sesuai perkembangan.

Kapolres Muara Enim dan Dandim 0404 Muara Enim juga ikut menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik ,menimbun pangan, jangan termakan isu hoaks, kedepankan pola hidup sehat dan ikuti edaran dari pemerintah tentang apa yang boleh atau tidak boleh selama wabah ini terjadi agar penyebaran virus ini dapat terhenti. Setelah melakukan sidak dipasar Plt. Bupati Muara Enim beserta rombongan langsung menuju komples Islamic center yang akan disiapkan sebagai tempat isolasi Orang dalam Pengawasan (ODP) Corona di Kabupaten Muara Enim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here