Dukung program Pemprov, TP PKK Sumsel Gelar Webinar Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana

0

Urban ID - PALEMBANG – Sebagai mitra kerja pemerintah, TP PKK Sumsel berkomitmen untuk ikut serta dalam pembangunan. Dalam kesempatan ini, PKK Sumsel mewujudkannya dengan menggelar webinar sosialisasi Petunjuk Teknis Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana tahun 2021.

Mewakili Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru,  Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya membuka webinar tersebut bertempat di command center Pemprov Sumsel, Senin (20/9/21).

Dalam sambutan tertulis Ketua TP PKK Sumsel, yang dibacakan Fauziah Mawardi Yahya menyebut, kader PKK menjadi ujung tombak pelaksana program serta kegiatan dalam PKK. Pelaksanaan program PKK tidak akan berjalan dengan baik bila kader tidak aktif akan berdampak tidak adanya peningkatan kesejahteraan keluarga di desa/kelurahan.

“Gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana bertujuan untuk mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui program pilot project bidang kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat,” katanya.

Pelaksanaan program tersebut lanjut Fauziah dilakukan dengan strategi menggerakkan, mengedukasi serta membina seseorang, keluarga atau masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri (mandiri). Berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan dan perencanaan sehat dari aspek fisik, manusia maupun lingkungannya.

“Karena ini adalah program yang masih baru ada baiknya kita sosialisasikan petunjuk teknisnya, yang nantinya dijelaskan oleh Pokja IV TP PKK Pusat pada webinar ini,” ujar Fauziah.

Oleh karenanya PKK Sumsel menghimbau agar kabupaten/kota segera menentukan atau memilih desa/kelurahan yang akan dijadikan pilot project untuk dibina PKK Sumsel.

“Kami minta TP PKK di daerah agar saling berkoordinasi dengan organisasi pemerintahan daerah yang terkait dan berkoordinasi dengan PKK Sumsel khususnya Pokja IV,” tandasnya.

Sementara ketua panitia dr. Erly Yani mengungkapkan webinar keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana diselenggarakan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan pengurus/kader PKK khususnya Pokja IV TP PKK kabupaten/kota.

“Ada 2 narasumber yang kami hadirkan sebagai pembicara, yaitu Ketua Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Pusat Safriati Safrizal, dan Wakil Ketua Pokja IV TP PKK Pusat drg. Rully Andriano,”  jelasnya.

Lebih lanjut dr. Erly Yani menambahkan webinar diikuti seluruh pengurus TP PKK Sumsel, pengurus TP PKK/Pokja IV selindo, serta pengurus TP PKK kabupaten/kota kecamatan, kelurahan dan desa se-Sumsel.

“Peserta agar dapat menindaklanjuti serta menyebarluaskan pengetahuan yang didapat selama mengikuti kegiatan sehingga akan terbentuk pilot project di lokasi masing-masing,” tandasnya. *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here