Menjadi Traveler yang Hemat, Ini Tipsnya

0

Urban ID - Untuk kamu yang belum memiliki tanggungan yang banyak dan berharap bisa bersenang-senang dengan menjafi seorang traveler, kamu harus perhatikan hal-hal berikut ini.

Dilansir dari pobela.com, Menjadi seorang backpacker akan menjadi pengalaman traveling yang bisa diceritakan ke orang-orang terdekat kita. Bagaimana kamu mengatur segala apa yang ingin kamu bawa pada saat traveling sampai mengatur pengeluaran agarnggakada barang yang terbeli secara percuma. Di beberapa perjalanan, backpacker nggakhanya untuk travelling saja, bisa di saat kamu melakukan camping bersama teman-temanmu di pantai atau melakukan hiking ke gunung. Bagaimana ingin mencobanya? Inilah beberapa hal yang harus kamu ketahui saat menjadi backpacker.

1. Bawa pakaian secukupnya

Saat menjadi backpacker hal yang harus kamu ingat adalah kamu harus mengemas barang bawaanmu seringan mungkin. Bawalah pakaian secukupnya, membawa celana berbahan jeans akan membuatmu terasa berat. Tinggalkan beberapa perhiasanmu agar kamu lebih aman di perjalanan.

2. Cari hostel dengan fasilitas dapur

Agar kamu lebih hemat, kamu bisa memilih hostel. Hostel akan lebih terjangkau daripada hotel. Agar kamu bisa memasak untuk kebutuhan sarapan dan makan malam, pilihlah hostel dengan fasilitas dapur umum.

3. Bawa makanan yang praktis

Saat menjadi backpacker, mungkin kamu ingin membuat ranselmu tetap ringan. Akan tetapi dengan menambahkan sedikit makanan yang praktis akan menjaga energimu tetap stabil saat berada di perjalanan. Apalagi di beberapa destinasi, makanan dan minuman yang dijual akan lebih mahal daripada harga normal.

4. Naik transportasi umum

Di berbagai destinasi, mungkin kamu butuh akomodasi transportasi untuk dapat sampai ke tujuan. Selalu menggunakan ojek online atau taksi akan membuatmu mengeluarkan uang yang banyak. Cara yang mudah adalah dengan naik transportasi umum. Selain harganya yang hemat, kamu bisa bertanya dengan warga lokal akan destinasi yang kamu tuju.

5. Hati-hati dengan pencopet

Di manapun kamu bepergian, para pencopet akan mengincar orang non-lokal sebagai korbannya. Jangan sampai budget yang sudah kamu rencanakan jauh hari akan kacau karena ulah pencopet. Kamu bisa memisahkan uang, selain di dompet kamu bisa menyimpannya di tas atau saku. Hal ini menjadi plan B jika hal-hal yangnggak diinginkan terjadi kamu masih bisa bertahan dengan uangmu. Selalu pastikan bawaanmu aman saat berada di destinasi ataupun transportasi umum.

6. Pergilah bersama teman-temanmu

Solo backpacker mungkin akan mengesankan, tetapi backpacker dengan teman-temanmu akan jauh menghemat pengeluaranmu. Salah satu contohnya saat kamu masuk ke salah satu destinasi wisata, kamu bisa mendapatkan harga lebih murah daripada kamu bepergian seorang diri.
(s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here