Urban ID - Berdasarkan data yang dirilis situs perbandingan harga produk-produk di marketplace iPrice, platform Industri e-commerce belanja online lokal masih merajai pasar Indonesia hingga kuartal I 2019.
Tokopedia berada di posisi teratas sebagai platform belanja online dengan jumlah pengunjung aktif bulanan tertinggi. Kemudian, disusul oleh dua pesaing terbesarnya, yakni Shopee dan Bukalapak, masing-masing di posisi kedua dan ketiga.
Data itu menjelaskan bahwa, di Asia Tenggara Tokopedia adalah satu-satunya aplikasi mobile e-commerce yang paling aktif digunakan di negara asalnya. Sebagai gambaran, Shopee berada di posisi ke-2 di negara asalnya Singapura, sementara di Tiki.vn berada di posisi ke-3 di negara asalnya Vietnam.
Tahun lalu, Tokopedia menjadi platform e-Commerce paling banyak dikunjungi ketiga di Asia Tenggara meskipun hanya tersedia di satu negara, dengan rata-rata 125 juta pengunjung pada 2018.
Berikut ini daftar 10 e-Commerce yang merajai pasar Indonesia di kuartal I 2019 versi iPrice dikutip Merdeka.com:
- Tokopedia
- Shopee
- Bukalapak
- Lazada
- JD.id
- Blibli.com
- Zalora
- AliExpres
- Zilingo Shopping
- Amazon (bo)