100 Ribu Warga Sumsel Terdeteksi Gunakan Narkoba

0
Ilustrasi narkoba (Foto: Istimewa)

Urban ID - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan mencatat sebanyak 100 ribu warga Sumsel terdeteksi menggunakan narkoba.

“Kami telah melakukan berbagai cara untuk melakukan pencegahan baik secara keras maupun lembut. Tapi, tetap saja banyak warga yang terdeteksi terpapar oleh narkoba ini,” kata Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Pol Jon Turman usai ditemui dalam kegiatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) ke-30 di Asrama Haji Palembang, Rabu (26/6).

Menurutnya, perlu ada tempat rehabilitasi sendiri untuk menangani masyarakat yang terpapar narkoba di Sumsel, seperti contoh di Lampung yang kini telah memiliki tempat rehabilitasi narkoba sendiri.

Pihaknya merekomendasikan tempat yang paling cocok dijadikan sebagai tempat rehabilitasi yakni di Kota Pagaralam mengingat suasana di lokasi tersebut sangat strategis ditambah lagi suhu yang sejuk sehingga mempercepat proses rehabilitasi pengguna narkoba. “Kami harap Sumsel memiliki anggaran untuk membangun panti rehabilitasi ini, kalau tidak tahun ini atau tahun depan,” katanya.

Untuk lokasi, pihaknya telah mendapatkan lahan hibah seluas 3,5 hektar dari Wali Kota Pagaralam dan Bupati Ogan Ilir untuk membangun panti rehabilitasi tersebut. Dirinya berharap dengan adanya panti rehabilitasi ini menjadi solusi untuk mengurangi pengguna narkoba di Sumsel. “Kami akan imbau masyarakat, jika ada yang terpapar agar segera direhabilitasi,” ucapnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here