6 Manfaat Konsumsi Kacang Hijau Saat Berpuasa

0

Urban ID - Kacang hijau merupakan bahan makanan yang banyak dijumpai di negara-negara Asia khususnya bagian selatan dan tenggara, termasuk Indonesia. Rupanya, kacang hijau banyak mengandung manfaat baik untuk kesehatan, terutama saat menjalankan ibadah puasa.

1. Kaya serat
Kacang hijau bisa memenuhi kebutuhan serat harian selama kamu berpuasa. Jumlah nutrisi yang tinggi dalam kacang hijau membuatnya penting untuk memerangi beberapa penyakit kronis yang berkaitan dengan usia.

2.Menurunkan tekanan darah
Kaya akan nutrisi, kacang hijau dinyatakan memiliki kemampuan membatasi timbulnya penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.
Ekstrak dari kacang-kacangan terbukti menurunkan tingkat tekanan darah sistolik, karena sifat antihipertensi dari kacang hijau membantu mengurangi penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kacang hijau adalah sumber fitonutrien yang baik, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Mereka membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan bakteri berbahaya, pilek, virus, iritasi, ruam, dan lainnya.
4. Mencegah kangker
Tingginya jumlah oligosakarida dan polifenol (asam amino) dalam kacang hijau membantu membatasi perkembangan sel kanker. Demikian juga, sifat antioksidan kacang hijau bermanfaat dalam melindungi tubuh dari kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya.

Ilustras

5. Memperbaiki sistem pencernaan
Mudah dicerna, kacang-kacangan sangat bermanfaat dalam membantu proses pencernaan. Kacang hijau juga membantu mendetoksifikasi tubuh karena kandungan seratnya yang kaya. Ini membantu dalam mencegah gejala IBS, termasuk sembelit.

6. Mengatur aktivitas metabolisme
Seperti disebutkan di atas, kacang hijau kaya akan serat. Jadi, kacang hijau membantu mengatur aktivitas metabolisme dalam tubuh dengan meningkatkan metabolisme secara keseluruhan. Serat juga membantu mengurangi gangguan pencernaan dan keasaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here