Arus Mudik Melalui Laut dan Sungai di Sumsel Diprediksi Naik 4,8 Persen

0
Kapal cepat Jetpoil di pelabuhan Boom Baru Palembang

Urban ID - Naiknya Harga tiket transportasi Pesawat mengakibatkan banyak orang lebih memilih menggunakan transportasi lain untuk bepergian keluar kota. Apalagi, Puncak Arus mudik nanti diprediksi akan banyak para pemudik lebih memilih menggunakan transportasi darat ataupun laut karena harga tiket yang masih tergolong standar.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang, Capt. Mugen Sartoto juga memprediksi jumlah penumpang pada lebaran tahun ini naik secara nasional sebanyak 4,8 persen. Bahkan, dijelaskanya, untuk di Sumatera Selatan sendiri kenaikan dapat mencapai lebih dari angka nasional. “Memang kenaikan ini sebagian besar mungkin faktor harga tiket pesawat yang relatif mahal,” kata Mugen (22/5).

Pihaknya juga telah bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia II atau Indonesia Port Corporation (IPC) Palembang telah melakukan persiapan demi kelancaran arus mudik nanti. Secara keseluruhan, pihaknya telah menyiapkan pos-pos pengamanan, pelabuhan, dan armada – armada kapal.

“Puncak Arus mudik di jalur laut atau sungai kami prediksi akan mulai padat pada H – 5, apalagi untuk wilayah Sumsel banyak wilayah tujuan pemudik yang berada di perairan. Transportasi sungai itu perlu perhatian khusus, karena banyak penumpangnya,” tukasnya.

Sementara itu, General Manager Pelindo II Palembang, Agus Edi Santoso, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik nanti. Pelabuhan Boom Baru dan Tanjung Api-api telah di siagakan satu kapal tambahan setiap harinya jika terjadi kepadatan.

“Untuk pelabuhan Boom Baru juga akan dilakukan penambahan jam keberangkatan. Kalau hari biasa itu hanya ada satu kali keberangkatan. Untuk Arus mudik ini kita tambahkan menjadi tiga keberangkatan dalam satu hari,” pungkasnya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here