Berikut Cara Menghadapi Pasangan yang Masih Suka Berhubungan Dengan Mantan

0

Urban ID - Menjaga keharmonisan dalam hubungan tidaklah mudah. Selalu banyak cobaan dan banyak sekali rintangan untuk tetap dapat mempertahankan hubungan.

Dalam hubungan memang tak ada yang sempurna. Seperti misalnya pasangan Anda yang masih ingin berhubungan dengan mantannya entah itu untuk menjalin silahturahmi atau ada motif lain di belakangnya. Ada beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan. Dr QuaVaundra Perry, seorang psikolog berlisensi mengatakan jika itu benar-benar hubungan yang sehat dengan seorang mantan, suami Anda harus bersedia untuk berkomunikasi dengannya di hadapan Anda. Utarakan juga jika Anda merasa khawatir dengan kedekatan yang terjalin.

Masih berhubungan dengan mantan, terutama ketika sudah memiliki suami atau istri tentu bukanlah hal yang sebaiknya dilakukan. Memang, beberapa orang mungkin masih berteman dengan mantan pasangan mereka. Namun tetap saja, mantan pasangan hanyalah bagian dari masa lalu.

Jika suami Anda masih berhubungan dengan mantan, misalnya saja masih melakukanĀ chattingĀ dengan mantannya tentu bukanlah hal yang mudah.

Ada cara-cara yang efektif untuk menghadapi pasangan Anda yang masih berhubungan dengan mantan mereka. Dan berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan:

1. Apakah Anda merasa aman dalam hubungan Anda?

Menentukan apakah komunikasi antara suami Anda dan mantan mereka sehat tergantung pada faktor-faktor penting seperti seberapa kuat hubungan Anda dan suami saat ini, sudah berapa lama sejak hubungan sebelumnya berakhir, dan apakah masih ada perasaan yang tersisa antara suami dan mantan pasangan mereka.

“Sebagai contoh, mungkin akan lebih sulit untuk hubungan Anda dan suami jika ada emosi yang belum terselesaikan diantara suami Anda dan mantan pasangan mereka,” ujar Dr QuaVaundra Perry, seorang psikolog berlisensi.

Ia juga menjelaskan jika hubungan Anda dengan suami memang sudah goyah, maka melakukan kontak dengan mantan pasangan bisa saja mengarah ke perselingkuhan.

“Namun jika hubungan Anda dan suami aman-aman saja, dan tidak ada hal-hal yang bersifat romantis antara suami Anda dan mantan pasangannya maka itu bukanlah hal yang perlu Anda khawatirkan.”

2. Seberapa sering suami Anda menghubungi mantan?

“Anda perlu khawatir terhadap mantan pasangan suami Anda ketika suami Anda bersikap defensif atau merahasiakan apa yang mereka bicarakan,” kata Dr Perry. “Jika itu benar-benar hubungan yang sehat dengan seorang mantan, suami Anda harus bersedia untuk berkomunikasi dengannya di hadapan Anda.”

Dia mengatakan bahwa Anda juga memiliki hak untuk khawatir jika suami Anda berhubungan dengan mantan pasangan mereka cukup sering atau lebih sering daripada frekuensi komunikasi Anda dan suami. Biasanya, hubungan yang sehat dengan mantan memiliki frekuensi yang tidak terlalu sering atau sesekali.

3. Bagaimana respons pasangan Anda?

Karena mantan pasangan adalah hal yang cukup sensitif, akan cukup sulit untuk membicarakan topik tersebut. Dr Perry menyarankan agar Anda mengamati pola komunikasi mereka selama periode waktu tertentu, sehingga Anda dapat memiliki argumen yang lebih jelas.

Setelah Anda siap untuk membicarakannya, ceritakan mengenai kekhawatiran Anda dengan tenang dan perhatikan bagaimana respons pasangan Anda.

“Pasangan yang baik, kemungkinan akan memahami kekhawatiran Anda tersebut dan berusaha untuk bekerja sama dengan Anda untuk menetapkan batas-batas hubungan dengan mantan pasangannya.”

“Jika pasangan Anda tampak defensif atau mengabaikan kekhawatiran Anda, itu mungkin merupakan tanda bahaya bahwa hubungan mereka dengan mantan pasangannya jauh lebih dekat dari yang Anda duga,” kata Dr Perry.
(s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here