Bersama JD ID Pemprov Sumsel Gelar Festival KULINTANG

0

Urban ID - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali berinovasi mengenalkan macam ragam budaya khas Bumi Sriwijaya. Kali ini sasarannya yakni mengangkat kuliner produk UMKM khas lokal lewat Festival Kuliner Talang Kepuh atau Kulintang.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan digagasnya Festival Kulintang sebagai pengingat atau mengenang serta pengenalan jajanan jaman dulu yang khas di Sumsel kepada masyarakat luas.

“Masyarakat wajib harus mengikuti perkembangan zaman tapi ingat tanpa harus melupakan kebudayaan dan kearifan lokal , salah satunya melestarikan warisan kuliner,”kata dia.

Menurut Herman Deru, festival Kulintang yang diadakan di Kelurahan Talang Kepuh kota Palembang juga sebagai pengenalan daerah tersebut. Apalagi dirinya menyebutkan selain Talang Kepuh ada berbagai daerah potensi sebagai wisata di miliki Sumsel.

“Banyak daerah di kita bisa berpotensi untuk dapat dikenal luas dan juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah itu, “ujar dia

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal menyampaikan pada massa pandemi COVID-19 pihaknya akan terus mengupayakan kembali menggelar festival di beberapa daerah lainnya tak hanya di Palembang untuk dapat menggali potensi wisatanya.

“Masa pandemi seperti saat ini, kami upayakan gelaran festival tak hanya di Kota Palembang saja, tapi juga di 17 kabupaten/kota agar daerah bisa menggali potensinya,”kata dia.

Menurutnya, melalui kegiatan ini masyarakat akan memiliki destinasi wisata baru di bidang kuliner, agrowisata dan lainnya. Diketahui, di festival itu juga ditampilkan potensi daerah pembibitan anggrek, Pindang Tangkep yang dikemas seperti dencis, berbagai jajanan zaman bingen seperti kue lumpang, kue Gandus, es kacang merah, es gogo, pempek dan lainnya.

Market Manager Regional Sumatera JD.ID, Rafido Alvano Wijaya, mengatakan, kegiatan bersama Disbudpar dalam festival ini menjadi yang ketiga kalinya di tahun ini. Selain event desk, bentuk dukungan marketplace ini terhadap pelaku UMKM juga terus dilakukan.

“Kita ingin mensupport para UMKM, khususnya dalam penyediaan bahan pokok dengan harga yang masih stabil karena kesiapan stok barang yang dimiliki dan gudang selain event desk yang kita berikan dalam Festival Kulintang,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga menyediakan diskon hingga 80 persen dan potongan belanja Rp15 ribu bagi pengunjung. Terpenting, semua produk yang tersedia dijamin original. Kemudian promo gratis ongkir dan cashback untuk konsumen.

“Target kami dalam festival ini untuk menciptakan brand Awareness dan agar UMKM di Sumsel bisa lebih berkembang,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here