BPJS Ketenagakerjaan Bagi-bagi Helm Gratis kepada Peserta

0
Sejumlah peserta yang mengikuti kegiatan Promotif Preventif BPJS Ketenagakerjaan.

Urban ID - Sebagai salah satu bentuk kepedulian terkait keselamatan kerja bagi peserta, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Palembang melaksanakan kegiatan promotif preventif 2019. Kegiatan bertajuk ‘Promotif Preventif Tahun 2019 – Kerja Aman Hidup Nyaman bersama BPJS Ketenagakerjaan’, membagikan 100 helm sebagai simbol kepedulian kepada peserta cabang Palembang.

Asisten Deputi Direktur, BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagsel Bidang K epesertaan, Masri didampingi Kepala Bidang Pelayanan cabang Palembang, Ruszian Dedy, mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional.

Selain itu, pihaknya juga memberikan edukasi terkait bagaimana cara berkendara yang aman kepada pengendara atau safety riding. “Dengan kegiatan promotif dan preventif berupa pemberiam helm kepada peserta binaan. Diharapkan pekerja lebih peduli akan keselamatan dalam bekerja, khususnya saat mengendarai kendaraan bermotor,” katanya, Kamis (5/9).

Masri bilang, kegiatan tersebut memang sengaja digelar untuk melanjutkan apa yang telah dilakukan sebelumnya oleh BPJS Ketenagakerjaan. Promotif dan preventif ini, merupakan perwujudan dari upaya konkret dalam menekan angka kecelakaan kerja secara maksimal.

“Ini bentuk nyata kita dalam hal peduli terhadap risiko kecelakaan kerja dan upaya menekan angka kecelakaan kerja,” katanya.

Dia menjelaskan, menurut data BPJS Ketenagakerjaan, kecelakaan kerja yang dialami oleh para pekerja didominasi peristiwa yang terjadi di luar tempat kerja. Salah satunya di jalan raya. Oleh karena itu, kegiatan tersebut dibalut dalam pemberian helm sebagai simbol keselamatan serta pemberian edukasi mengenai safety riding.

Sementara, data yang dimiliki internal BPJS Ketenagakerjaan cabang Palembang, tercatat dari awal 2019 hingga saat ini, ada 1.485 kasus kecelakaan dengan santunan yang diberikan mencapai sekitar Rp 6 miliar.
Terpisah, pada Rabu (4/9) BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel bersama kantor cabang Palembang, ikut meramaikan Hari Pelanggan 2019 dengan tema ‘Seru’ atau senyum ramah untuk mu.

Kegiatan diawali oleh Deputi Direktur wilayah, Arif Budiarto bersama Kepala Kantor cabang Palembang Asran Pane, turun langsung melayani peserta yang datang kantor cabang Palembang, serta membesuk peserta yang sedang dirawat di rumah sakit.

“Kegiatan ini, untuk meningkatkan rasa kepuasan terhadap pelayanan BPJS ketenagakerjaan, dan sekaligus menerima masukan dari peserta,” katanya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here