Buka Sosialisasi SNPDB, Kakanwil Dorong Alumni MTs Ikut Seleksi MAN IC OKI

0

Urban ID - Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia OKI melalui Zoom Meeting di Ruang Rapat Kakanwil, Selasa (19/1).

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil mendorong lulusan madrasah tsanawiyah se-Sumsel untuk ikut bersaing mengikuti seleksi masuk MAN IC OKI.

Menurut Mukhlisuddin, MAN IC OKI merupakan salah satu di antara 23 MAN Insan Cendekia yang ada di Indonesia. Madrasah ini memiliki tipologi sebagai madrasah akademik, sains, dan teknologi.

Karenanya, sudah sewajarnya apabila alumni MTs berlomba-lomba untuk mengikuti seleksi masuk MAN IC.

“Saya imbau Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota agar mendorong madrasah-madrasah di wilayahnya untuk mengikutsertakan para alumninya mengikuti seleksi masuk MAN IC OKI. Untuk lulus atau berhasil itu nomor dua, yang penting bersaing dan berkompetisi dulu. Jangan sampai hanya lulusan dari SMP atau lulusan umum saja yang ikut seleksi,” pesan Mukhlisuddin.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumsel Drs. H. Khusrin, MM menjelaskan, tujuan sosialisasi SNPDB ini adalah memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta untuk mendapatkan pendidikan bermutu di MAN IC, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri.

Juga memberikan peluang kepada MAN IC, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi di bidang akademik, keimanan, dan ketakwaan serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.

“Pendaftaran dapat dilakukan melalui dua jalur, yaitu jalur prestasi dan jalur tes. Pendaftaran dilakukan secara online, melalui website Direktorat KSKK, Direktorat Pendis Kemenag RI, yaitu https://emadrasah.kemenag.go.id/snpdb2021/ppdb mulai tanggal 11 Januari sampai 11 Februari 2021. Pendaftar hanya perlu membuat akun di website tersebut, kemudian meng-upload berkas-berkas seperti akte kelahiran, rapor yang telah dilegalisir semester 3, 4, dan 5, pasfoto 3×4 dan surat rekomendasi dari Kepala MTs,” beber Khusrin.

Menurut Khusrin, Sumsel tahun ini memiliki target untuk meningkatkan angka pendaftar SNPDB dari seluruh MTs Negeri/Swasta ke MAN IC, MAN PK, atau MAKN.

“Target kita Sumsel masuk tiga besar provinsi terbanyak dengan peserta didik pendaftar ke madrasah unggulan Kemenag RI,” tuntas Khusrin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here