Bupati dan Wali Kota Sebut Bangubsus Ubah Wajah Sumsel Jadi Lebih Maju

0

Urban ID - PALEMBANG – Kemajuan pembanguan yang merata di berbagai sektor di Sumsel memang menjadi fokus Gubernur Sumsel Herman Deru di masa kepemimpinannya saat ini. Bahkan,agar upaya tersebut terwujud, sejumlah bantuan terus diberikan melalui Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus).

Terbukti saat ini, sejumlah Kabupaten dan Kota di Sumsel pun telah merasakan dampak dari upaya yang dilakukan orang nomor satu di Bumi Sriwijaya tersebut.

“Kemajuan pembangunan saat ini di seluruh Sumsel tidak bisa kita tampik peningkatannya karena pak Gubernur memang konsisten terus membantu daerah,” kata Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar, usai paparan program pembangunan strategis Kabupaten OKI di ruang rapat Gubernur Sumsel, Selasa (26/10).

Dia menuturkan, dalam melakukan pemerataan pembangunan khususnya di provinsi yang memiliki 17 Kabupaten dan Kota ini memang dibutuhkan kerja keras.

“Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan peningkatan daerah yang cepat, memang butuh upaya keras. Jika pak Gubernur fokus membangun hanya di satu titik atau daerah saja, sudah bisa kita pastikan pembangunan tersebut dapat selesai satu tahun. Tapi pak Gubernur tidak seperti itu, beliau memikirkan pembangunan ini merata di seluruh kabupaten dan kota dengan menyelaraskan antara RPJMD Provinsi dan RPJMD Kabupaten Kota dan Kota dan pemerataan ini sudah terealisasi dengan baik,” paparnya.

Dia menyebut, contohnya infrastruktur jalan di OKI. Dimana jalan yang menjadi wewenang provinsi di kabupaten tersebut saat sudah sangat baik.

“Contohnya jalan provinsi seperti di OKI yang selam 10 tahun belakangan tidak tersentuh kini sudah sangat baik dan mulus. Ini bukti dari keseriusan pak Gubernur untuk membangun Sumsel. Bangubsus yang diberikan sudah mengubah Sumsel Makin Maju,” terangnya.

Dia berharap, kedepan upaya tersebut terus dilakukan Gubernur Herman Deru sehingga dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kedepan, tentunya pak Gubernur harus terus maksimal memenuhi harapan masyarakat khususnya melengkapai sarana prasarana sehingga mobilitas ekonomi masyarakat terus meningkat,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut Bupati OKI memaparkan sejumlah program pembangunan strategis Bangubsus tahun 2022. Pembangunan di Kabupaten OKI akan terkonsen pada beberapa bidang seperti infrastruktur baik jalan maupun jembatan, perumahan dan pemukiman seperti listrik masuk desa dan penataan lingkungan, kesehatan hingga pendidikan.

Diketahui juga, paparan serupa terkait program pembangunan strategis Bangubsus 2022 juga dilakukan Walikota Prabumulih Ridho Yahya. Pemkot Prabumulih sendiri hingga saat ini masih komitmen melanjutkan berbagai program yang sebelumnya memang telah berjalan seperti peningkatan jalan, pembangunan rumah bagi masyarakat miskin seperti tukang becak, tukang sapu, pemulung, masyarakat disabilitas, hingga pembangunan sarana dan prasaranan yang pembangunannya sempat terhenti akibat pandemi covid 19.

“Kita masih konsen pada program yang sebelumnya telah berjalan seperti program pembanguan rumah bagi masyarakat miskin. Ini dilakukan tanpa menggunakan APBD dan APBN melainkan bantuan dari berbagai pihak seperti bantuan dari Bank maupun infaq dari penghasilan para pegawai. Mudah-mudahan dengan adanya Bangubsus dapat semakin meningkatkan pembangunan di Kota Prabumulih.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan, Sumsel memang terus fokus melakukan pemerataan pembangunan di daerah melalui Bangubsus.

“Tentu apa yang dipaparkan ini akan kita kaji kembali dan dipilah sektor-sektor yang memang menjadi prioritas,” kata Mawardi.

Yang jelas, lanjutnya, Bangubsus tersebut akan diberikan secara proporsional kepada daerah.

“Kita bagi secara proporsional (bangubsus) dengan tetap melihat skala prioritas. Kita akan lakukan sinkronisasi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here