Dapat Remisi Hari Kemerdekaan, 91 Narapidana di Sumsel Bebas

0
Ilustrasi Lapas (Dok. Istimewa)

Urban ID - Pada saat perayaan Hari Ulang Tahun ke 75 Republik Indonesia, 17 Agustus 2020 nanti, sebanyak 7.577 narapidana di Sumatera Selatan (Sumsel) memperoleh remisi tahanan, 91 diantaranya langsung dibebaskan.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan, informasi itu disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sumsel.

“Pemberian remisi yang akan dilaksanakan di Lapas Mata Merah Palembang saat perayaan HUT RI,” kata Herman Deru, Kamis (13/8).

Gubernur bilang, tahun lalu pemberian remisi sebanyak 7.723 narapidana dan 198 orang diantaranya dibebaskan. “Kami menyambut baik hal ini, namun yang perlu dimaknai adalah momen hari kemerdekaan ini sudah selayaknya dirasakan seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Narapidana menurut Deru juga memiliki hak yang sama saat hari kemerdekaan tanpa terkecuali. Bagi yang masih lapas, untuk lebih produktif dan kreatif sehingga nantinya dapat berguna bagi masyarakat setelah menjalani masa hukuman.

“Pemerintah berharap setelah bebas bisa menjadi lebih baik dan produktif, sehingga tidak mengulangi kesalahan yang pernah diperbuat,” kata Deru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here