Dinkes Lahat Bantah Outbond di Bogor Jadi Pemicu Corona

0
Ilustrasi Covid-19 (Dok. Istimewa)

Urban ID - Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) meninggal dunia, Minggu (20/12). Dari informasi yang dihimpun hasil swab dinyatakan positif terpapar corona (COVID-19).

Hanya saja, Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufiq M Putra membantah outbond menjadi pemicu paparan corona terhadap sejumlah pejabat.

“Keterangan dari dokter ahli penyebab meninggalnya ini memang karena ada penyakit penyerta atau komorbid yakni hipertensi. Namun, penyebab dari paparan corona ini bukan dari outbond di Bogor, sebab saat diperiksa oleh petugas di sana tidak ada yang reaktif,” kata Taufik, Senin (21/12).

Taufiq bilang, kemungkinan terpapar di tempat lain bisa saja terjadi, namun hingga saat ini belum diketahui. Taufiq berharap agar informasi yang beredar tidak liar dan menimbulkan ketakutan di masyarakat. Sebab, siapa saja bisa terpapar.

“Kami berharap agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya. Tetap menggunakan masker, mencuci tangan maupun menjaga jarak,” kata Taufik.

Dari data yang dihimpun Urban Id, sebelumnya sudah ada Kepala Litbang Agung Pribadi juga terpapar corona dan meninggal. Hingga kini sudah ada tiga pejabat di Lahat yang terpapar corona, namun satu lagi sudah menjalani isolasi dan tidak diketahui dengan alasan privasi.

Meninggalnya Sekda dan Kepala Litbang juga dikaitkan dengan kegiatan outbond di Bogor, muncul dugaan jika paparan virus corona berasal dari kegiatan ini. Namun hal ini dibantah oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat.

Sedikitnya ada 40 orang yang ikut outbond di Bogor termasuk. Seluruh rombongan dikabarkan telah tes swab dan melakukan isolasi sejak kepulangan dari Bogor. Kegiatan ini pun dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pemda Lahat menyebutkan, kegiatan outbond ini sudah direncanakan sejak di awal tahun 2020 sebagai program Entertaint Government. Namun karena berbagai halangan, akhirnya terlaksana di awal Desember 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here