Hadiri Sedekah Desa di Muara Enim, Herman Deru Sosialisasi Sumsel Mandiri Pangan

0

Urban ID - Muara Enim – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Muara Enim Gubernur Herman Deru yang juga didampingi Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia HD kembali mensosialisasikan gerakan Sumsel Mandiri Pangan.

Dimana pada hari yang sama Gubernur baru saja berkesempatan melaunching Sumsel Mandiri Pangan di Kabupaten Lahat.

Untuk itu dia juga mengharapkan seluruh warga Sumsel mengubah mindset pembeli menjadi penghasil bahkan penjual.

“Sebagai Gubernur dan Pemimpin daerah ini, Saya berharap desa ini akan dapat lebih maju masyarakat, sehingga desanya akan lebih sejahtera,” terangnya saat  menyampaikan sambutannya saat kunjungan kerja di Kecamatan Panang Enim dalam rangka Sedekah Dusun Desa Lebak Budi, Kamis (2/12) siang.

Dia berharap  nantinya gerakan Sumsel Mandiri Pangan  bisa menjadi pilot project atau percontohan bagi Desa-desa lainnya. Kita harus bersama-sama mewujudkan apa yang telah kita cita-citakan.

“Kita bangun Sumatera dengan Selatan berbasis ekonomi kerakyatan menggerakan ekonomi masyarakat sector pertanian, industry dan UMKM, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang sehat, berprestasi, jujur dengan menjunjung tinggi nilai keimanan, ketaqwaan dan intergritas,”  imbuhnya.

Sementara terkait usulan warga setempat terkait dengan keinginan sejumlah desa di Kecamatan Panang Enim Kabupaten Muara Enim yang meminta agar Listrik dapat segera dialirkan ke wilayah sekitar. Herman Deru minta pada Pj Bupati Muara Enim segera membuat surat usulan.

“Pak camat melalui pak Bupati buat usulannya sampaikan pada saya. Nanti saya perintihkan PLN untuk memasukan jaringan ke kecamatan ini,” tegas Herman Deru

Herman Deru menegaskan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memiliki komitmen yang tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat yang tertuang dalam  visi dan Misi “Sumatera Selatan Maju Untuk

“Oleh sebab itu Saya tidak mau kalau sampai desa tidak tersalurkan listrik, karena bisa menggangu proses kegiatan belajar dan mengajar. Dengan adanya listrik, anak-anak dapat belajar di malam hari dengan penerangan lampu yang cukup sehingga kualitas pendidikan kita juga meningkat. Saya sudah minta Bupati membuat surat untuk diteruskan ke Gubernur, nanti  saya perintahkan PLN untuk mengatasinya,” tambahnya.

Gubernur Herman Deru menghimbau kepada Camat Penang Enim,  di kecamatan baru tidak semudah di kecamatan lama, karena harus kerja lebih ekstra dengan keterbatasan fasilitasnya.

“Jangan pernah ragu untuk melayani masyarakat, meskipun fasilitas masih kurang. bersama-sama warga menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan desa dengan menjaga ketahanan pangan, serta menjadi persatuan dan kesatuan bangsa,” imbuhnya.

Sementara Penjabat Bupati Kabupaten Muara Enim Nasrun Umar dalam kata sambutannya, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Gubernur Provinsi Sumsel ditengah kesibukannya sebagai kepala daerah.

Terlebih, Kunjungannya ke Kabupaten Muara Enim usai telah dilaunchingnya Sumsel Mandiri Pangan yang akan mengubah mindset masyarakat, yang tadinya membeli menjadi penjual.

“Dalam tiga bulan terkahir 5 kali Gubernur sudah datang ke Kabupaten muara enim, hal ini membuktikan bahwa Gubernur Provinsi Sumsel sangat peduli dengan warganya di Kabupaten Muara Enim,” katanya

Nasrun mengungkapkan, Kecamatan Panang Enim merupakan pemekaran dari kecamatan tanjung agung. Ia menyampaikan usai menerima informasi dari warga, Gubernur Sumsel telah memerintahkan kepada PLN untuk pasangakn listrik di Kecamatan Panang Enim.

“Alhamdulillah terimakasih Pak Gubernur, untuk diketahui kami Pemkab Muara Enim mendukung program Sumsel Mandiri Pangan dengan telah memberikan bantuan bibit ikan, tananam, jagung dan kangkung yang cocok diwilayah Muara Enim,”tambahnya

“Kami berkomitmen mendukung apa yang menjadi keinginan Bapak Gubernur mengenai Sumsel Mandiri Pangan. Sekedar informasi di tahun 2021, Bapak Gubernur telah memberikan bantuan Gubernur sebesar Rp. 25 miliar kepada kabupaten Muara Enim diluar ada kewanganan-kewenangan yang menjadi tanggung jawab provinsi, hal ini dilakukan secara reguler,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here