Pasien COVID-19 Yang Sembuh di Sumsel Bertambah Jadi 3 Orang

0

Urban ID - v class="components__NormalWidth-sc-1ukv6c0-0 clLKZY" data-key="423">

Kabar baik datang dari Sumatera Selatan, jumlah pasien sembuh dari coronavirus disease (COVID-19) kembali bertambah menjadi tiga orang. Satu pasien tambahan itu sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Dr Mohammad Hosein (RSMH) Palembang.
Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH Palembang sekaligus juru bicara gugus tugas COVID-19 Sumsel, dr Zen Ahmad, mengatakan pasien ketiga yang telah dinyatakan sembuh yaki Lay Zat May (44 tahun), dengan nomor kasus 08, warga DKI Jakarta, namun berkunjung ke tempat keluarganya di Palembang.
“Pasien sembuh ketiga ini sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 pada 2 April 2020, namun sebelumnya sudah dirawat di RSMH. Lalu, setelah menjalani perawatan dan dua kali pengambilan sampel, kini sudah dinyatakan sembuh,” katanya, Minggu (14/4).
Menurut Zen, dengan demikian pasien yang bersangkutan kini diperkenankan untuk kembali ke rumah, karena kondisinya juga sudah sehat sepenuhnya. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi pemacu semangat sejumlah pasien lainnya yang masih dalam perawatan medis.
“Hasil ini juga dapat menjadi memberi semangat baik kepada pasien yang masih dirawat, masyarakat, maupun tenaga medis, bahwa COVID-19 ini bukan harus ditakuti. Tapi merupakan hal yang perlu kita lawan bersama,” katanya.
Sementara itu, juru bicara COVID-19 Sumsel, Yusri, menambahkan sesuai data yang dimiliki gugus tugas daerah, jika jumlah pasien yang telah dinyatakan sembuh di Sumsel kini berjumlah tiga orang.
Dia menjelaskan, ketiganya yaitu pasien nomor 12 asal Palembang, lalu pasien nomor 04 asal OKI, dan terakhir pasien nomor 08 yang berasal dari luar daerah. Artinya pasien ini merupakan warga DKI Jakarta, namun menjalani perawatan dan dinyatakan positif saat berada di Palembang.
“Kami nyatakan sejauh ini baru tiga orang pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19,” katanya.
Yusri bilang, terkait perbedaan jumlah data pasien sembuh di pusat, sejauh ini masih dalam tahap verifikasi dengan gugus tugas pusat. Di mana secara nasional terkonfirmasi ada empat orang yang dinyatakan sembuh.
“Untuk pasien keempat itu kami masih kroscek lebih lanjut. Saat ini kami menyatakan baru ada tiga orang,” katanya. (jrs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here