Pekan Ini, Jalinsum Palembang-Jambi Mulai Diperbaiki

0

Urban ID - Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V Palembang memastikan perbaikan ruas jalan nasional Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Palembang-Jambi akan dilakukan pada akhir Juli 2019.

Kepala BBPJN V, Kiagus Saiful Anwar, tahap perbaikan ruas jalan nasional Jalinsum Palembang-Jambi sejauh ini sudah memasuki proses lelang tiga paket pekerjaan. “Kita menargetkan lelang SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) bakal rampung pada akhir Juli ini. Selanjutnya, satu pekan setelah itu diharapkan pekerjaan fisik sudah dapat dimulai,” ujar Syaiful di Palembang, Senin (22/7).

Ia optimis bahwa proses lelang bisa selesai tepat pada waktunya. Mengingat proyek tersebut sudah tercantum dalam Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) dan anggarannya juga telah tersedia. “Saat ini sedang tahap evaluasi. Untuk evaluasi pun saat ini lebih enak karena sudah ada Balai Pelaksana Pengadaan Jasa Konstruksi (BPPJK) jadi kami lebih fokus,” ucap dia.

Dia menjelaskan, tapi perbaikan jalan ruas Palembang-Jambi memang sebelumnya sudah dilakukan. Namun hanya bersifat temporary (sementara) untuk menyambut arus mudik Lebaran. “Perbaikan ruas jalan Palembang-Jambi merupakan bagian dari pengerjaan sepanjang 430 kilometer dari batas Lampung hingga Jambi,” katanya.

“Total anggaran untuk perbaikan Jalinsum Lampung-Jambi mencapai Rp1,2 triliun. Sementara untuk perbaikan jalan Palembang-Jambi nilainya mencapai Rp680 miliar,” kata dia lagi.

Sementara itu, Kepala Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Nasional (P2JN), Dadi Muradi, mengatakan tahun ini BBPJN Wilayah V tidak memiliki rencana melaksanakan proyek dengan dana skala besar. “Kalau megaproyek belum ada. Tahun ini memang difokuskan untuk perbaikan dan peningkatan ruas jalan yang sudah ada,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here