Pemprov Sumsel Percepat Penanganan Covid-19

0

Urban ID - Sejumlah aksi nyata gencar dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dibawah Komando Gubernur H. Herman Deru dalam upaya meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19) di Bumi Sriwijaya. Salah satunya dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumsel beberapa waktu lalu.

Berselang beberapa jam kemudian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumsel dibawah tanggung jawab Sekretaris Daerah (Sekda) H. Nasrun Umar inipun langsung kerja dengan melakukan sejumlah kegiatan, mulai dari sosialisasi akan bahaya Covid-19 dan sejumlah langkah antisipasi dini yang dapat dilakukan masyarakat dalam perlawanan diri dari paparan corona.

Bahkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumsel telah menggelar sosialisasi salah satunya dengan mendatangi secara langsung kalangan penghuni Lapas Kelas 1 Palembang, Rabu (18/7). Selain itu juga tim yang terdiri dari berbagai unsur seperti jajaran Dinkes dan BPBD, Polda dan institusi terkait lainnya itu melakukan penyemprotan cairan desinfektan di sejumlah ruangan lapas.

Sekda H.Nasrun Umar selaku penanggung jawab Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Sumsel dikesempatan tersebut meminta jajaran petugas dan warga binaan di dalam Lapas Kelas 1 Palembang untuk ikut andil dalam pencegah masuknya virus Covid-19 ke Provinsi Sumsel khususnya dalam lapas. Salah satu caranya lanjut Nasrun adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Mari kita bersama-sama cegah agar Covid 19 tidak masuk ke Sumsel, salah satunya dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Lapas ini menjadi perhatian pertama mengingat penghuninya cukup padat dalam satu area yg terbatas,” tegas Nasrun.

Dia berharap asksi penyemprotan cairan desinfektan yang dilakukan petugas yang tergabung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Sumsel dapat menjadi contoh bagi warga binaan dan masyarakat Sumsel secara luas.

“Aksi ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pihak lapas dalam pencegahan Covid-19 di dalam Lapas,” tandasnya.

Dalam kunjungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Sumsel di Lapas Kelas 1 Palembang kali ini juga diberikan sosialisasi dari masing-masing OPD diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Dra Lesty Nurainy yang menyampaikan sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dapat dilakukan secara mandiri sebagai upaya pencegahan Covid -19.

“Selain menerapkan PHBS kita juga harus menjaga kesehatan dan daya tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang cukup gizi dan ditambah dengan suplemen vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” ucapnya.

Sementara itu untuk jajaran Polda Sumsel sejauh ini diketahui setiaknya telah menyiapkan 70 orang personil yang siap berkerja mendukung Pemprov dalam pencegahan penyebaran corona.

Kedatangan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel di Lapas Kelas 1 Palembang yang dipimpin Sekda H. Nasrun Umar dan rombongan diantara Kadinkes Dra Leaty Nurainy, Kepala BPBD Prov. Sumsel Iriansyah, Kabidokkes dr Syamsul dab sejumlah tenaga medis tersebut disambut langsung oleh Kepala Lapas, Mardan. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here