Sumsel Bakal Kembali Gelar Salat Istisqa

0

Urban ID - Pekatnya kabut asap beberapa hari terakhir membuat Gubernur Sumatera Selatan akan kembali menggelar salat Istisqa. Rencananya, salat Istisqa akan digelar dalam pekan ini.

Herman Deru mengatakan, melihat kondisi udara di Provinsi Sumsel mulai memburuk karena saat pagi dan malam hari asap terasa pekat, maka dirinya akan kembali menggelar atau mengadaka sholat minta hujan (Istisqa). “Awan itu nggak mengandung cikal bakalnya hujan. Itulah kekuatan sang pencipta dan manusia tidak bisa melawan itu. Maka langkahnya kita akan salat Istisqa serentak,” katanya

Untuk waktu dan tanggal pastinya digelar salat istisqa tersebut dirinya belum dapat memberitahukannya. “Untuk waktu dan tempatnya saya belum tahu karena perlu di koordinasikan terlebih dahulu. Namun yang jelas dalam waktu dekat ini atau paling lambat minggu ini akan dijadwalkan salat Istisqa dan doa bersama serentak se Sumsel,” ujar Deru

Deru mengungkapkan, satgas karhutla sudah berupaya semaksimal mungkin. Namun semakin giat memadamkan api, semakin banyak pula titik-titik hotspot. “Masyarakat harus tahu bahwa kita bukan kurang upaya untuk memadamkan api. Namun karena banyaknya titik hotspot dan kurangnya alat. Saya pun tergangu dengan adanya asap ini,” ungkapnya.

Adapun daerah yang berpotensi terjadinya Karhutla diantaranya Kabupaten OKI, OI dan juga Muba. “Untuk penangulangan karhutla ini ada 7 heli dan ini masih kurang. Maka kita akan ajukan kembali penambahan heli,” pungkasnya.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here