Tips Membuat Hand Sainitaizer Alami Dari Istri Bupati Musi Banyuasin

0

Urban ID - Virus corona (Covid-19) telah mewabah di Tanah Air, untuk membeli pembersih tangan atau hand sanitizer saat ini sudah sulit, jika ada harganya sudah lebih tinggi. Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya banyak cara, salah satunya bisa dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan Hj Thia Yufada, mengajak masyarakat untuk membuat cairan pengganti pembersih tangan praktis, alami dan mudah dilakukan. Istri Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex ini bilang, pembuatan cairan pembersih tangan ini hanya butuh daun sirih dan jeruk nipis.

“Pertama cuci 500 gram daun sirih yang telah disiapkan, kemudian keringkan 500 gram daun sirih yang telah dicuci. Setelah itu potong daun sirih sampai berbentuk kecil kecil dan rebus 2000 ml air hingga mendidih,” kata Thia, Jumat (27/3). Setelah proses selesai, bahan ini dilakukan proses steam pada air yang telah dicampur dengan 500 gram daun sirih. Steam bisa menggunakan api kecil selama 30 menit. Setelah selesai, saring hasil steam.
Setelah semuanya selesai, kemudian tambahkan 5 sendok teh jeruk nipis kedalam ekstrak daun sirih. Terakhir, masukkan campuran ekstrak daun sirih dan ekstrak jeruk nipis kedalam satu wadah atau botol-botol spray. Hands sanitizer alami ini sangat mudah untuk dipraktekkan, dan bisa di manfaatkan oleh sarana kesehatan dasar di Kecamatan seperti Puskesmas, Poskesdes, Polindes serta di Posyandu. “Nantinya cara pembuatan hand sanitizer ini akan kita tularkan juga ke para Anggota TP PKK seluruh kecamatan dan desa dalam wilayah Kabupaten Muba, agar semua ibu-ibu bisa memanfaatkan bahan alami untuk menjaga kebersihan tangan terutama untuk kebersihan keluarga,” katanya. (eno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here