Titik Panas Karhutla di OKI Capai 505 Titik

0

Urban ID - Titik panas atau hotspot di Sumsel mengalami peningkatan. Tercatat, Rabu (2/10/2019) hotspot di Sumsel mencapai 610 titik. Jumlah tersebut didominasi di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) yakni sebanyak 505 titik. Sedangkan, sisanya tersebar di beberapa wilayah di Sumsel.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori mengakui jika titik hotspot terbanyak berada di OKI. Lantaran, lahan di kawasan tersebut gambut dengan kedalaman tujuh meter sehingga sulit untuk dipadamkan.

Ada tiga wilayah yang terbakar di OKI yakni di Kecamatan Pedamaran Timur, Kecamatan Pangkalan Lampam, dan Kecamatan Pampangan. “Luasannya cukup besar, dan telah terbakar sejak beberapa hari belakangan,” katanya saat dihubungi, Rabu (2/10/2019).

Dengan kondisi ini pihaknya kesulitan untuk melakukan pemadaman. Terlebih lagi, sulitnya akses menuju lokasi karhutla. Meskipun air di kanal wilayah tersebut cukup banyak. Karena itu, pemadaman dilakukan cara waterboombing dengan meneruskan empat helikopter.

“Yang bisa kita kerahkan hanya 4 helikopter waterbombing tipe MI dengan masing-masing 4 ton air. Semuanya kita kerahkan ke OKI. Sementara untuk kebakaran di daerah lain masih diupayakan pemadamannya oleh tim darat,” terangnya.

Selain melakukan waterboombing, saat ini, pihaknya telah mengalihkan ratusan personel ke wilayah yang terbakar khususnya tiga wilayah di OKI. Menurutnya, karhutla ini menjadi fokus atau prioritas “Arah asap dari kebakaran lahan di OKI ini menuju ke Palembang,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here