Haruskah Tidur Menggunakan Bantal?

0

Urban ID - dir="ltr">Adakah dari kamu yang tidak suka tidur dengan menggunakan bantal? Ya jika iya coba kamu simak artikel berikut yang dilansir dari hallo sehat.com, yang akan membahas tentang bahaya atau tidak tidur dengan tidak menggunakan bantal. Yuk simak

Bahaya tidur tanpa bantal menurut pakar kesehatan tulang dan kepala dinyatakan tidak ada selama seseorang tidur pada tempat yang layak. Pada kenyataannya manfaat tidur tanpa memggunakan bantal sangat banyak, Salah satunya adalah dapat memperbaiki posisi tulang punggung menjadi lebih baik. Namun bahaya tidur tanpa bantal tetap harus diwaspadai karena ternyata kerugiannya masih dapat menyerang siapa saja, Yang muncul akibat keadaan yang tidak memungkinkan atau karena kebiasaan buruk selama proses istirahatnya.

Bahaya Tidur Tanpa Bantal

Tidur tanpa bantal dapat berbahaya jika anda berada pada situasi sebagai berikut;

Tidur dilantai

Tidur dilantai tanpa menggunakan alas sangat berbahaya bagi kesehatan kepala dan paru paru karena uap air yang lembab dari lantai akan terserap tubuh dan menumpuk dibagian paru paru, Kondisi ini menyebabkan anda terserang paru paru basah.
Sedangkan Ketika anda tidur dilantai tanpa menggunakan bantal maka kerugiannya adalah terserang pusing dan mata berkunang kunang akibat sakit kepala. Kondisi ini dipicu karena kelembaban tinggi pada lantai yang dapat diserap oleh pori pori tubuh dan menjadi polutan didalam tubuh yang mengakibatkan aliran darah diseluruh tubuh termasuk kepala menjadi tidak lancar.

Permukaan tidak rata

Tidur pada tempat yang tidak rata karena sedang melakukan wisata gunung, Hutan atau pulau tak berpenghuni yang memungkinkan bertemu dengan area berbatuan, Tebing yang curam atau Diatas akar pohon yang besar sebaiknya anda menggunakan penyangga kepala (bantal) guna menyeimbangkan posisi tubuh yang tidur dalam keadaan tanah yang tidak rata. Dasar lantai yang bergelombang dapat menyebabkan leher sakit, Tegang, Kaku dan timbul pegal pegal yang luar biasa akibat aliran darah terhimpit dan mendapat tekanan dari permukaan tidak rata sehingga darah mengalir tidak lancar.

Tempat tidak layak

Bahaya tidur tanpa bantal memang tidak ada namun ketika anda tidur pada tempat yang tidak layak karena keadaan kemalaman diperjalanan , Kehujanan ditengah perjalanan atau sedang tersesat jalan, Maka resiko bahayanya dapat saja muncul berupa kesulitan tidur atau insomnia, Misalnya tidur didalam kandang kuda, Emperan toko atau Pada rumah tua kosong tak berpenghuni tetapi kondisinya kotor berantakan.

Tempat tempat seperti itu menuntut anda untuk memakai bantal ketika tidur untuk mencegah segala binatang yang tidak anda undang agar tidak datang mendekat misalnya tikus, Kecoa, Semut api dan lain lain, Sekaligus untuk memblokir gerakan debu disekitarnya agar tidak menyerang bagian wajah, Rongga hidung dan mulut anda dengan mudah. Bagi yang terbiasa memakai bantal ketika tidur Jika cara ini tidak anda lakukan maka anda akan terserang masalah psikologi yang cukup menyiksa yaitu berupa kesulitan tidur.

Duduk sambil tertidur

Posisi tidur yang terbaik adalah diatas ranjang dengan permukaan yang datar agar aliran darah diseluruh tubuh lancar. Banyak orang yang terserang kantuk dan tidak menyadari dirinya duduk sambil tertidur lelap, Misalnya saat didalam kendaraan, Didalam ruang kerja, Diruang tamu dan lain lain.

Bahaya tidur tanpa bantal saat tubuh dalam kondisi duduk menyebabkan tubuh bagian bawah terus menerus menopang tubuh bagian atas dengan mengandalkan tulang punggung dan kekuatan jaringan pinggang. Keadaan ini lebih baik kepala dalam kondisi tersanggah oleh sebuah bantal kecil yang empuk untuk menghindari ketegangan otot diarea punggung, Bahu, Leher dan kepala sehingga terhindar dari rasa nyeri, Pegal pegal dan linu.

Keadaan sakit

Dalam kondisi sehat tidur tanpa bantal sangat disarankan untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh namun pada saat seseorang sedang terbaring lemah menderita suatu penyakit yang cukup parah pemakaian bantal ketika tidur lebih dianjurkan. Saat sakit kondisi sel dan imunitas seseorang sedang mengalami penurunan. Otot dan saraf mengalami kelemahan akibat serangan bakteri, Virus tau mikroba lain penyebab penderita menjadi sakit. Kondisi inipun melemahkan aliran darah diselkitar leher dan kepala sehingga penderita membutuhkan peyangga kepala ketika tidur dengan ketebalan bantal yang minimum atau sangat rendah tetapi lunak. Bahaya tidur tanpa bantal pada penderita sakit dapat menyebabkan proses penyembuhan penyakitnya melambat. Tak heran jika rumah sakit menganjurkan para pasiennya untuk menggunakan bantal. (Baca juga: Bahaya Tidur Terlalu Lama , Penyebab Susah Tidur)

Manfaat Tidur Tanpa Bantal

Aliran darah lebih lancar

maksudnya dapat membuat seluruh aliran darah diseluruh tubuh menjadi lebih stabil dan tubuh terhindar dari rasa pegal atau sakit ketika terbangun dari tidur.

Terhindar dari ketegangan otot leher

Dimana ketegangan yang terjadi menyebabkan leher menjadi kaku dan nyeri ketika dipakai untuk menoleh kekiri dan kekanan.  (Baca Juga: Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu)

Bebas dari sakit kepala

Maksudnya tidur tanpa bantal dapat melancarkan simpul simpul saraf dan arteri kepala sehingg terbebas dari serangan pusing pusing dan sakit kepala.

Membuat wajah awet muda

Maksudnya tidur tanpa bantal merupakan salah satu tips awet muda paling alami dan sehat karena menyebabkan otot, Aliran darah dan saraf pada area wajah lebih lancar dan tidak mendapat tekanan akibat desakan bantal saat anda tidur dalam kondisi miring. Hal ini dapat membuat kulit anda menjadi kencang, Bebas kerut dan awet muda.

Kualitas tidur lebih baik

Maksudnya dapat membuat seseorang lebih cepat tertidur pulas dan terhindar dari penyakit insomnia akibat stres ringan dan berat yang muncul karena aktivitas sehari hari.

Tips Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Lebih Baik

Umumnya masyarakat lebih memilih menggunakan bantal ketimbang tidak menggunakannya, Hal ini disebabkan karena mereka telah terbiasa sejak kecil dan otak telah merekam dengan baik bagaimana nyamannya ketika kepala memakai bantal saat tidur.

Untuk meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik hendaknya mencoba untuk tidur tanpa bantal atau jika belum terbiasa berusahalah setidaknya menggunakan bantal yang memiliki ketebalan yang rendah dan empuk dan untuk tahap tahap berikutnya anda akan terbiasa dengan sendirinya tidur tanpa menggunakan bantal sama sekali.(Baca Juga: Obat Tidur Alami)Jika sulit membiasakan diri untuk langsung tidur tanpa menggunakan bantal maka pejamkan mata ketika anda menggunakan bantal. Setelah anda terserang rasa kantuk tak tertahankan maka singkirkan segera bantal tersebut lalu berbaringlah dan pejamkan mata kembali. Rasa kantuk yang tinggi dapat membuat anda tertidur lelap tanpa menyadari jika anda sesungguhnya sedang dalam keadaan tidak memakai bantal. Ulangi terus cara ini agar terbiasa tidur tanpa bantal.

Sebelum tidur sebaiknya anda minum segelas susu hangat dan setelah itu cobalah untuk berbaring tanpa menggunakan bantal. Susu dapat mempercepat rasa kantuk anda benar benar menjadi meningkat. Susu mampu menenangkan aliran darah dan menyebabkan tidur menjadi cepat pulas.
(s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here