Lebih Dekat dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

0

Urban ID - Dijadwalkan beroperask 2021 mendatang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai memperkenalkan jenis kereta yang akan digunakan. Dilansir CNBC Indonesia, Minggu (16/6/2019), KCJB bakal memakai kereta cepat generasi terbaru bertipe CR400AF electric multiple unit (EMU).

Produksi PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) itu merupakan hasil pengembangan pabrikan CRRC Qingdao Sifang. Satu rangkaian kereta (train set) CR400AF EMU terdiri dari 8 cars atau gerbong. Jumlah itu meliputi empat gerbong bermotor dan empat gerbong tanpa motor.
Sebagai produsen, CRRC Qindao Sifang banyak melakukan riset dan development untuk memproduksi train set yang beroperasi di daerah pesisir pantai China. Latar riset ini berkarakter suhu dan kelembapan yang tinggi, mirip dengan kondisi cuaca di Indonesia.

Alhasil, EMU CR400AF untuk KCJB disesuaikan dengan kondisi iklim di Indonesia. Pun demikian dengan desain, baik eksterior maupun interior akan disesuaikan dengan budaya Indonesia.

Kelak, KJCB juga akan menjadi salah satu transportasi massal ramah bagi difabel, bayi, lansia, dan ibu hamil. Direktur Utama PT KCIC, Chandra Dwiputra, menyebut bahwa berbagai fasilitas khusus tidak hanya terdapat di stasiun. #ren

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here