Madu Tak Boleh Diberikan Kepada Bayi, Ini Penjelasanya

0

Urban ID - Hindarilah pemberian madu untuk bayi berusia kurang dari satu tahu tahun. Madu adalah cairan manis yang mengandung karbohidrat, asam amino bebas, dan vitamin. Madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai antioksidan, meningkatkan stamina, dan metabolisme tubuh.

Dilansir Kumparan, pada madu terdapat endospora aktif dari spesies bakteri Clostridium botulisme. Bakteri ini tidak berbahaya bagi orang dewasa dan bayi berusia di atas satu tahun karena tubuh mereka sudah membangun sistem kekebalan.

Bagi anak, madu juga bermanfaat sebagai obat herbal tradisional untuk meredakan gejala batuk dan sulit tidur pada anak. Namun, sebelum memberikan madu, perhatikan dulu usia anak Anda, Moms. Meski kaya manfaat, pemberian madu pada anak di bawah satu tahun ternyata berisiko.

Seperti dijelaskan dalam laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), konsumsi madu untuk bayi berusia kurang dari satu tahun dapat meningkatkan risiko infant botulism atau penyakit botulisme pada bayi.

Clostridium Botulinum yang masuk ke dalam saluran cerna bayi akan menyerang sistem saraf bayi dan menyebabkan kelemahan otot. Gejala yang tampak pada bayi yang mengalami infant botulism antara lain: lesu, lemas, sesak napas, malas menyusu, sulit menelan, sembelit, sulit membuka mata, dan mulut kering.

Jika tidak ditangani serius, infant botulism bahkan bisa menyebabkan kematian karena kelemahan otot napas. Jadi untuk menghindari penyakit ini, jangan berikan madu pada bayi Anda ya, Moms. Anda dapat memberikan sari buah, sebagai alternatif pemanis alamiah bagi bayi yang sudah mendapat makanan pendamping ASI (MPASI).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here