Parade Perahu Hias Ramaikan HUT RI ke 74 di Sungai Musi

0

Urban ID - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Palembang berlangsung meriah. Pemerintah Kota Palembang menyelenggarakan parade perahu motor hias dan bidar prestasi di Sungai Musi, Sabtu (17/8).

Parade perahu motor hias dan perlombaan bidar prestasi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap momen kemerdekaan dan hari jadi Kota Palembang. “Kegiatan ini merupakan warisan budaya. Sekaligus dapat mengangkat potensi wisata di Sungai Musi,” kata Wali Kota Palembang, Harnojoyo.

Untuk itu, kata dia, kedepan kegiatan serupa akan dibuat lebih semarak dengan mengundang peserta dari seluruh daerah di Indonesia dan sejumlah negara tetangga. Nantinya, Jembatan Ampera akan ditutup sementara agar wisatawan yang dapay dapat dengan nyaman menyaksikan hiburan tradisional tersebut.

Event ini akan masuk kalender pariwisata nasional, katanya. Harnojoyo bilang, dengan semakin banyak wisatawan yang hadir, maka perekonomian masyarakat Palembang dapat semakin maju, dan dampaknya bisa dirasakan baik oleh Pemerintah Kota Palembang maupun masyarakat secara langsung.

“Ini juga sekaligus salah satu upaya mendongkrak sektor pariwisata,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, lomba bidar prestasi dan perahu hias sudah menjadi tradisi di masyarakat Kota Palembang ada sejak zaman Belanda. Menurutnya, kegiatan tersebut pertama kali diselenggarakan saat perayaan hari jadi Ratu Wihelmina, Belanda.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wisata sungai yang ada di Palembang. Sekaligus tradisi turun temurun yang terus kita lestarikan,” katanya. (jrs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here