PIM Jadi Sentra Ikan Hias Pertama di Palembang

0

Urban ID - Maraknya pencinta ikan hias jenis cupang, menjadi peluang bagi para pedagang ikan hias.

Di Palembang, saat ini sudah ada sentra ikan hias yang berlokasi di Pasar Ikan Modern (PIM), Jalan MP Mangkunegara, Kenten, Kecamatan Ilir Timur Tiga.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, mengatakan, keberadaan sentra ikan hias ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan ke Pasar Ikan Modern, yang diresmikan tahun lalu. Pengelola PIM juga diminta terus berbenah.

“Yang penting nyaman dari segala sisi dulu. Lapaknya tertata rapi, bersih sehingga peminatnya pun juga akan mau datang ke sini,” ujar Dewa, usai meresmikan Sentra Ikan Hias, di Pasar Ikan Modern, Senin (22/3/2021).

Menurut Dewa, Sentra Ikan Hias ini bisa menjadi destinasi wisata baru di Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan. Karenanya, pengelola juga harus bisa menghimpun para pedagang ikan yang tak memiliki lapak, agar bisa bergabung di Pasar Ikan Modern.

“Inginnya kami begitu. Jadi PIM ini bisa berfungsi sesuai dengan namanya, dan juga dilengkapi jenis ikan lain seperti arwana, lohan, dan jenis lainnya, Sehingga sentra ikan hias itu ada di sini. Ini bukan hanya tugas asosiasi tapi juga Patralog sebagai pengelola pasar,” kata Dewa pula.

Manajer Pasar Ikan Modern, Zulkarnain, mengatakan untuk saat ini pedagang ikan hias masih didominasi pedagang ikan cupang. Mengingat saat ini pencinta ikan hias ini sedang trend.

“Kita mengikuti pasar. Sekarang yang sedang booming, Cupang. Tidak menutup kemungkinan nanti berganti arwana atau lohan. Soal harga di sini bervariasi. Mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 500 – 1 Juta ada,” Zulkarnain menerangkan.

Untuk lapak selama satu bulan ini masih digratiskan. “Setelah itu baru bayar retribusi sesuai dengan Perwali,” ujar Zulkarnain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here