Satgas Relawan COVID-19 Tingkatkan Kapasitas 1.000 Relawan Palembang

0

Urban ID - Palembang – Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyelenggarakan rangkaian kegiatan Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas 1000 relawan COVID-19 Palembang yang diadakan pada 13-19 September 2021 di Hotel Aston Palembang, Jumat (15/10/2021).

Kegiatan ini dibuka dan dihadiri secara langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, Ketua Sub-bidang Pelatihan BKR Satgas COVID-19 Prasetyo Nurhadjanto, Deputi 2 Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Sumatera Selatan Iriansyah

Ketua Sub-bidang Pelatihan BKR Satgas COVID-19, Prasetyo Nurhadjanto, mengatakan kegiatan ini dimulai dari Pelatihan Supervisi Lokal (13/10), Praktik Mengajar Fasilitator (14/10), dan Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan COVID-19 selama lima hari yang dimulai dari hari ini hingga 19 Oktober 2021 mendatang.

“Dalam jangka waktu lima hari tersebut, setiap harinya akan dilakukan sesi pelatihan yang dibagi ke dalam empat kelas dengan jumlah peserta 25 orang dalam tiap kelasnya. Jadi total peserta program pelatihan relawan berjumlah 1000 orang dengan 200 relawan yang mengikuti pelatihan tiap harinya,” kata Prasetyo Nurhadjanto.

1000 relawan peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan perwakilan relawan dari berbagai daerah, instansi pemerintahan, dan organisasi kemasyarakatan mitra kebencanaan di sekitar Riau.

Seluruh relawan akan mendapatkan lima materi pelatihan yang terdiri dari 1) Pencegahan, Penyebaran dan Kebijakan 3M; 2) Gerakan 3T (Tracing, Treatment, Testing); 3) Relawan dan Kerelawanan; 4) Teknik Berkomunikasi Efektif; dan 5) Penggunaan Instrumen Monitoring Relawan Bersatu Lawan Covid (BLC).

Dalam kesempatan ini, Prasetyo juga berpesan kepada para relawan agar mengikuti pelatihan ini dengan baik serta menularkan kepada anggota keluarga serta masyarakat di lingkungan masing-masing.

“Harapannya pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari kedepan benar-benar membentuk 1000 orang yang akan menjadi agen perubahan perilaku yang membawa inspirasi dan harapan dalam penanganan COVID-19 di Palembang,” harapnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sumsel, Herman Deru berpesan kepada para relawan untuk ikhlas dalam bekerja dan melaksanakan peran melawan penyebaran Covid-19.

“Tugas relawan ini tidak sederhana. Maka modalnya ikhlas. Untuk menjadi ikhlas itu perlu proses,” ujarnya.

Orang nomor satu di Sumsel ini menjelaskan, tugas relawan tidak hanya untuk menyelematkan jiwa orang lain, tetapi menyelamatkan diri sendiri juga.

“Pesan saya ikuti pelatihan ini dengan baik. Pelatihan ini sangat dibutuhkan agar tidak salah melakukan tindakan saat menyelematkan orang lain. Tetap tegas tetapi humanis, dengan tata cara yang baik,” ucapnya.

Herman Deru turut berperan dan mengajak para relawan Covid-19 untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar sadar akan pentingnya vaksiniasi dan mentaati protokol kesehatan (Prokes).

“Pencegahan Covid-19 ini harus dilakukan dari hulu hingga hilir. Para relawan harus menyadarkan masyarakat betapa pentingnya vaksiniasi dan mentaati prokes,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here