Tanggap Kabut Asap, Pemprov Sumsel Sediakan Rumah Singgah

0
Fasilitas di rumah singga yang disediakan oleh Pemprov Sumsel dapat digunakan masyarakat secara gratis.

Urban ID - Pemerintah Provinsi Sumsel melakukan gerak cepat untuk meminimalisir dampak akibat kabut asap yang ditimbulkan oleh kebaran hutan dan lahan (karhutla). Salah satunya dengan menyediakan rumah singgah di Pusat Krisis Bencana, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan rumah singgah merupakan ruangan khusus yang diperuntukkan guna mengantisipasi jika ada penumpang pesawat atau masyarakat di sekitar bandara mengalami sesak napas mendadak akibat kabut asap. Telebih Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) saat ini berada di level tidak sehat.

Rumah singgah yang disediakan oleh Pemprov Sumsel untuk masyarakat.

“Di rumah singgah ini sudah disiapkan beberapa alat kesehatan, seperti oksigen murni, masker secara gratis, dan lain sebagainya. Kami harap rumah singgah ini berguna bagi masyarakat di Kota Palembang,” katanya.

Tak hanya rumah singgah, Pemprov Sumsel melalui Dinas Kesehatan juga membagi-bagikan masker secara gratis kepada masyarakat. Baik mendatangi rumah ke rumah, maupun di jalan raya. Tak hanya itu, Herman Deru mengatakan pihaknya menjamin semua pelayanan kesehatan akan selalu siaga, serta bisa menghubungi PSC 119 untuk kondisi darurat.

Pembagian masker yang dilakukan oleh petugas dari Dinas kesehatan Sumsel.

Selain itu, Herman Deru berpesan agar masyarakat yang tengah berada di ruang terbuka untuk selalu menggunakan masker, dan jika tidak ada kepentingan mendesak lebih baik tetap dalam ruangan tertutup, serta perbanyak minum air putih.

“Saya juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatannya,” katanya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here