Feby Deru Pamerkan Koleksi Kriya Sriwijaya Kepada Ketum Dharmayukti Karini

0

Urban ID - v>Palembang – Guna mengenalkan pesona budaya dan seni kearifan lokal Sumatera Selatan (Sumsel)  kepada para tamu yang berkunjung di Bumi Sriwijaya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumsel Hj. Febrita Lustia HD mengajak  Ketua Umum Dharmayukti Karini, Hj. Budi Utami Syarifuddin dan rombongan  berkunjung ke Gedung Kriya Sriwijaya, Rabu (11/11/2020) siang.
Di Kriya Sriwijaya, dengan jelas dan gamblang Feby Deru menjelaskan secara rinci berbagai produk kerajinan khas Sumatera Selatan dari 17 Kabupaten/kota. Selain menampilkan produk kerajinan khas Sumsel yang sarat dengan kearifan lokal, Feby mengungkapkan pemanfaatan Kriya Sriwijaya juga berfungsi sebagai tempat edukasi dan pengembangan bagi masyarakat juga pemasaran bagi para pelaku pembuat kerajinan khas Sumsel.
“Senang dan bangga sekali kita menerima tamu kehormatan siang ini.  Kunjungan beliau sangat berarti dan bisa memberikan motivasi bagi kita untuk terus berkarya,” tutur Feby.
Ditambahkan Feby dengan kunjungan Hj. Budi Utami Syarifuddin ke Kriya Sriwijaya dirinya bisa mengenalkan beragam kain khas Sumsel yang tak hanya identik dengan kain songket semata.
“Kain khas Sumsel lainnya seperti angkinan, blongsong, jumputan, dan tajung harus terus dipertahankan. Para tamu yang telah berkunjung ke Kriya Sriwijaya kelak nantinya bisa menceritakan kekayaan yang kita miliki ini kepada orang didaerahnya,” tandas Feby.
Kunjungan ke Kriya Sriwijaya sendiri merupakan kunjungan pertama bagi Hj. Budi Utami Syarifuddin. Istri Ketua Mahkamah Agung itu menyampaikan apresiasi juga kekagumannya kepada Feby Deru yang dinilainya mampu membangkitkan perekonomian masyarakat Sumsel dengan membantu para pelaku UMKM khususnya yang bergerak di bidang kerajinan tangan khas Sumsel.
“Indah sekali. Menarik dan bagus-bagus kerajinan yang ada di Kriya Sriwijaya ini. Kain-kain khasnya menampilkan ciri khas masing-masing daerah,” pujinya.
Ia mengatakan beragam produk kerajinan koleksi Kriya Sriwijaya mengandung unsur seni dengan keindahan alami.
“Terima kasih sudah diajak berkunjung ke sini. Kami bisa mengenal kekayaan dan kearifan lokal Sumsel secara lebih dekat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here