Herman Deru: Peradi Harus Aktif Edukasi Masyarakat Agar Melek Hukum

0

Urban ID - PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru mengajak para advokat yang tergabung dalam Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Palembang untuk dapat menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait dengan sadar hukum dengan sasaran masyarakat aman yang ada di pelosok daerah. 

“Sebagai praktisi hukum kita semua punya tanggung jawab moril mengedukasi masyarakat agar melek hukum. Ini penting kita lakukan  agar masyarakat melek hukum tidak hanya tau akan haknya tapi juga harus tau kewajibannya,” tegas Gubernur Herman Deru saat hadir pada  Pelantikan dan Pembekalan Advokat Baru Peradi Palembang di wilayah Pengadilan Tinggi bertempat di Ballroom Hotel Aston Palembang,  Senin (20/12) pagi.

“Keberadaan Peradi kita harapkan  akan menambah kepercayaan   masyarakat yang butuh bantuan hukum. Oleh sebab itu, Ia berharap Peradi ini ada action yang tidak internal saja namun juga eksternal,” harapnya.

Dikatakannya, masyarakat saat ini  belum semuanya tau akan peraturan perundang-undangan baik pada tingkat kelurahan, desa, Perda kabupaten/kota, Perda, Pergub, Peraturan Presiden, Peraturan Menteri dan sebagainya. 

“Peradi dapat melakukan beberapa kegiatan seperti melakukan sosialisasi hukum atau perundang-undangan serta pemberian bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu. Upaya ini juga akan memberikan pemahaman pada masyarakat akan  hukum,” katanya.

Lebih jauh Herman Deru menuturkan, Peradi telah memberikan contoh terbaik dalam berorganisasi, ia berharap usai pelantikan ini Peradi Palembang dapat menyusun visi misi dan program kerja yang dapat membawa perubahan ke arah yang lebih di bidang hukum.

“Serta dapat membawa manfaat bagi pencari keadilan dan kami berharap dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam mewujudkan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan “Sumsel Maju Untuk Semua,” pungkasnya.

Ketua DPC Peradi Palembang, Azwar Agus, menuturkan, pelantikan ini diikuti peserta advokat 140 orang, dan juga dihadiri pendamping peserta advokat baru sebanyak 140 orang.

Pihaknya berharap advokat yang baru dilantik menjadi advokat yang profesional yang amanah sesuai dengan gelar advokat yang diberikan atas kepercayaan profesi yang mulia dan terhormat (officium nobile). 

“Itu harapan saya selaku Ketua DPC, berharap mereka benar-benar amanah dalam menjalankan tugas dan sukses, advokat yang baru dilantik akan mematuhi apa yang telah digariskan kode etik, anggaran dasar, anggaran rumah tangga advokad dan undang-undang advokat,” tandasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here