Herman Deru: Sinergitas Kementrian dan Dinas PU Hadirkan Infrastruktur Berdaya Guna

0

Urban ID - Palembang – Selain meningkatkan sinergitas Balai dan Dinas, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengimbauĀ  Dinas PU terus melakukan upgradingĀ  kemampuan SDM agar dapat menjadi insan PU yang lebih profesional.

Pernyataan itu diungkapkan Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat menghadiri puncak peringatan Hari Bakti PUPR ke-76 Provinsi Sumsel yang dipusatkan di UPT Workshop PUBM Provinsi Sumsel di Kecamatan Alang-Alang Lebar, Jumat (3/12) pagi.

” Sinergitas Balai maupun Dinas yang ada di PU itu jangan hanya jadi slogan saja tapi harus betul-betul menyatu. Karena PU sebagai ujung tombak untuk mencapai sasaran pembangunan di Sumsel,” jelas Bapak Infrastruktur tersebut.

Sebagai ujung tombak pembangunan, kata Herman Deru, insan PU tentu membutuhkan stamina yang luar biasa untuk melakukan perencanaan pembangunan, pelaksanaan hingga pemeliharaan. Karena itu sinergitas juga perlu dilakukan PU dengan mitra-mitra kerja.

” Yang penting lagi, adalah pembinaan jangan hanya dilakukan pada jenis tertentu saja. Semua harus diupgrade agar insan PU semakin profesional,” jelas mantan Bupati OKU Timur dua periode tersebut.

Upgrading itu lanjutnya jangan hanya berbentuk diklat umun tapi diklat yang lebih spesifik dan bukan hanya menyasar pejabat saja.

” Kita minta TGUPP Bidang Infrastruktur merumuskan ini. Supaya semua SDM di PU ini mengenal bahan-bahan bangunan, samoai jenis aspal dan lainnya. Sekali lagi Selamat Hari Jadi ke-76 mari kita tingkatkan kapasitas di bidang masing-masing dan PU semakin menonjol dengan prestasinya,” jelas Herman Deru.

Saat ini kata Herman Deru keberhasilan pembangunan oleh PU dinilainya sudah sukses terutama dalam penanganan pembangunan jalan dan jembatan yang menjadi kewajiban provinsi.

” Saya garis bawahi semua yang menjadi kewajiban Provinsi semua sudah dalam kondisi mantap. Kita tidak boleh berhenti dan kedeoan target fokus kita membantu kab/kota,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel H. Darma Budhy mengatakan bahwa progres kegiatan tahun 2021 sudah mencapai rata-rata 90%.

Tahun 2021 ini terdapat 81 paket yang terdiri dari 72 oaket preservasi jakan dan 9 paket pembangunan jembatan. Adapun total APBD Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang mencapai Rp1.533.681.792.608. Serta Dana Bantuan keuangan kepada Kabupaten/Kota 2021 Bidang Infrastruktur Jalan sebesar Rp986.506.083.000

“Ini wujud nyata komitmen Gubernur Sumsel Herman Deru dalam melakukan perbaikan infrastruktur secara merata. Terima kasih atas kehadiran Pak Gubernur karena ini menjadi semangat kami untuk terus berupaya mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua,” tambahnya.

Lebuh jauh Darma Budhy menjelaskan bahwa beberapa pembangunan jembatan akan segera selesai pada tanggal 20 Desember 2021, salah satunya jembatan di Kabupaten OKU.

Selain itu untuk aksea jembatan Musi VI target pada akhir tahun ini bisa dilewati kendaraan. Kemudian pembebasan lahan untuk Fly Over simpang Sekip telah dibayarkan 56 persil.

” Saat ini dilakukan juga persiapan peresmian Jembatan di Kabupaten OKU, Jembatan A.Raman, Lubuk Batang,” imbuhnya.

Selain itu kata Darma Budhy pihaknya juga tengah mempersiapkan peluncuran Pergub tentang Jembatan di wilayah Provinsi Sumsel.

Sementara itu terkait Hari Bakti PU ke-76 ini Dinas PU telah melakukan sejumlah kegiatan di antaranya Baksos, donor darah, pertandingan olahraga hingga silaturhami dengan para purnabhakti, penanaman pohon serta peresmian sekretariat Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) Provinsi Sumsel.

” Atas restu Pak Gubernur, kegiatan Kebinamargaan di HPJI ini aktif kembali setelah sempat vakum beberapa tahun. Dan hari ini sekretariatnya kita resmikan,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here