Herman Deru: UT Berperan Dalam Pembangunan SDM di Sumsel

0

Urban ID - PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru meresmikan langsung gedung baru Universitas Terbuka (UT) di Jalan Kolonel Burlian KM 10 Palembang, Senin (13/12).

Peresmian gedung baru tersebut sebagai bentuk semangat untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di Sumsel sehingga nantinya dapat semakin bersaing.

“Peresmian gedung baru UT ini tentu menjadi catatan sejarah baru di Sumsel. Karena UT ini memang universitas yang menyasar untuk semua kalangan masyarakat,” kata Herman Deru di sela peresmian tersebut.

Menurutnya, UT merupakan salah satu kampus yang cukup membanggakan khususnya di Sumsel. Dimana UT sendiri turut berperan dalam pembangunan kualitas SDM di Sumsel melalui para alumninya.

“Masyarakat yang tadinya memiliki keterbatasan ekonomi maupun berlokasi di wilayah yang jauh, bisa mengenyam pendidikan perkuliahan di UT ini. Jadi universitas ini memang terbukan untuk siapapun,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sistem pendidikan di UT yang berbasis daring tentu sangat membantu masyarakat. Oleh sebab itu, sangat pantas jika UT disebut-sebut sebagai role model sistem pendidikan secara daring di tengah pandemi.

“Di saat yang lain masih berfikir, UT ini telah berbuat dan ini harus kita apresiasi. Di tengah pandemi ini, universitas dan perguruan tinggi lain baru menerapkan sistem daring tapi UT ini sejak awal sudah menerapkannya,” turutnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, sistem pendidikan yang fleksibel dan ekonomis membuat UT menjadi kampus pilihan bagi masyarakat.

“Kedepan tentu ini harus kita tingkatkan. Bila perlu belajar di UT ini cukup 3 tahun dan bukan tidak mungkin kita buat terobosan warga Sumsel wajib sarjana,” terangnya.

Dia berharap, dengan berdirinya gedung baru tersebut, UT daoat semakin dipercaya masyarakat.

“Mudah-mudahan ini semakin menambah kepercayaan publik terhadap UT. Untuk mendukung hal itu, kita akan bersinergi, termasuk uoaya meningkatkan pancaran internet agar sistem belajar mengajar di UT semakin baik,” paparnya.

Sementara itu, Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, UT sendiri terus berevolusi sejak berdiri pada 37 silam. Dimana UT tak hentinya menyajikan sistem pendidikan yang didesain berbeda dari universitas lain.

“Kita berupaya memberikan pemerataan akses pendidikan tinggi ke masyarakat dimanapun berada. Dari segi ekonomi kita buat agar Uang Kuliah Tunggal terjangkau. Dan dari segi geografis yang jauh, kita akan mendatangi masyarakat tersebut,” katanya.

Menurutnya, saat ini tidak boleh lagi ada masyarakat yang tidak merasakan pendidikan.

“Masyarakat harus mengenyam pendidikan. Sebab itu, kita berikan kemudahan itu. Dengan gedung baru ini kita yakin akan semakin meningkatkan citra UT di masyarakat,” tuturnya.

Sebagai upaya pemerataan pendidikan, dia juga berkomitmen untuk berkolaborasi bersama pemangku kepentingan.

“Saya juga berkeinginan bekerjasama dengan pemangku kepentingan sehingga pengentasan pendidikan segera tercapai,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here