Hilangkan Rasa Galau, Ini Cara yang Ampuh

0

Urban ID - Pernahkah kamu mengalami rasa takut, uring-uringan, galau tanpa ada alasan yang jelas?

Hal itulah yang kemudian memicu perasaan rendah diri. Padahal sesungguhnya tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik meskipun kita merasa bahwa usia kita terlalu tua untuk mencoba segala hal yang belum pernah dilakukan.

Nah, agar terhindar dari perasaan-perasaan negatif, di bawah ini ada lima cara yang bisa membuatmu selalu merasa muda dan bersemangat.

1. Melihat kadar usia dari segi yang positif

Sebagian orang yang berusia matang mungkin merasa bahwa dirinya sudah tidak memiliki kesempatan karena terkungkung oleh usia, contohnya ketika melamar pekerjaan yang memiliki standar usia dalam kualifikasi pekerja yang dibutuhkan. Sehingga hal tersebut membuat semangat dan produktivitas kerja yang dimiliki menurun bahkan takut untuk bermimpi.

Buanglah pikiran-pikiran negatif itu. Banyak jalan menuju roma. Katakanlah bahwa kamu masih muda dan masih siap untuk berkompetisi dengan orang-orang yang usianya jauh lebih muda.

Jika kamu bergaul dengan orang-orang yang usianya lebih muda di bawahmu, jadilah layaknya seperti mereka dengan pola pikir bahwa kamu seusia dengan mereka. Hal itu akan membuat semangat mudamu kembali terpancar.

2. Jangan meremehkan kemampuan diri sendiri

Jangan beranggapan hanya gara-gara usia, kamu meremehkan kemampuanmu sendiri dan menganggap kemampuan orang lain jauh lebih bagus darimu.

Percayalah bahwa manusia diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangannya. Jangan terlalu terfokus pada kekuranganmu saja, fokuslah pada kelebihan yang kamu miliki.

Jangan terkungkung pada hal-hal negatif yang hanya akan membuat pikiranmu semakin sempit. Bacalah buku-buku motivasi sebab di sana kamu akan banyak menemukan hal-hal luar biasa yang bisa dipelajari.

3. Pergunakan waktu luangmu untuk mengeksplorasi hal-hal yang kamu sukai

Lakukan kegiatan-kegiatan positif yang kamu sukai, misalnya traveling, memancing, atau sekedar berjalan-jalan menggunakan kereta. Jka kamu mampu maka lakukanlah, temukan orang-orang yang baru dan carilah pengalaman sebanyak-banyaknya.

Pergunakan waktu untuk mengasah kemampuan dirimu melalui hal-hal yang kamu sukai. biasanya jika kamu menyukai apa yang kamu lakukan selagi itu positif, maka akan membuatmu merasa jauh lebih bersemangat.

4. Jangan terjebak dengan pikiran-pikiran di masa lalu

Terkadang jika sedang sendirian, pikiranmu otomatis terhubung dengan kejadian-kejadian di masa lalu. Biasanya rasa sesal karena tidak melakukan ini itu sejak masih muda akan membayangi dirimu.

Jika hal itu terjadi, katakanlah pada diri sendiri bahwa masa lalu sudah berlalu dan kamu bangga menjadi dirimu di masa kini. Hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu, jangan membuatmu merasa terpuruk.

Kamu hidup di masa sekarang, bukan di masa lalu. Hal-hal yang sudah terjadi tidak akan berubah. Lakukan dan jalani hidup yang baik di masa sekarang tanpa harus menengok masa lalu.

5. Jangan terlalu memikirkan kejadian-kejadian yang belum pasti

Selain rasa sesal di masa lalu, seseorang juga terkadang memiliki kecemasan di masa-masa yang akan datang. Tentunya hal itu wajar. Namun jangan terlalu fokus pada masa depan yang tentunya belum pasti, karena kamu bukan peramal. Perjalanan hidup seseorang tidak ada yang bisa memprediksi, termasuk perjalanan hidupmu.

Jalanilah hidup di masa sekarang dengan sebaik-baiknya. Lakukan persiapan untuk menyambut masa depan dengan melakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan di masa kini.

Nah, itu dia kelima cara halau perasaan ‘terlalu tua’ agar tetap merasa muda. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi kan?
(sherrly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here