IBM Kembangkan Teknologi Drone Pemadaman Kebakaran

0

Urban ID - Perusahaan IBM Corp yang terkenal menjual perangkat keras dan lunak pada komputer, tengah mengembangkan teknologi untuk memprediksi dan memantau pohon dan tumbuhan merambat yang dapat mengancam saluran listrik. Teknologi ini dapat membantu meningkatkan pasokan listrik dan mengurangi risiko pemadaman.

Cameron Clayton, general manager IBM untuk Watson Media and Weather,  pada Kamis (7/2/2019), mengatakan tumbuhan merambat dapat menyebabkan gangguan bagi perusahaan energi. Tumbuhan jenis ini sering tumbuh berlebihan dan menghambat jalur transmisi listrik.

Teknologi baru IBM ini menggunakan data yang dikumpulkan oleh satelit, pesawat tak berawak (drone), sensor dan model cuaca untuk membantu memantau keadaan. IBM juga membantu dalam pemeliharaan ratusan mil jalur transmisi dan distribusi listrik.

Selain mengidentifikasi dan memprediksi ancaman pemadaman, sistem ini juga dapat membantu mencegah kebakaran dan memantau badai.

Kemampuan untuk memperkaya data cuaca dengan satelit dan data sensor telah memberi perusahaan utilitas wawasan baru yang kuat untuk membantu mereka meningkatkan operasi dan meminimalkan dampak pada pelanggan mereka, ujar Clayton.

Sebelumnya, IBM dikabarkan telah mengembangkan sebuah teknologi memori yang bisa lebih cepat 100 kali lipat dibandingkan flash. Teknologi itu adalah phase change memory (PCM), yang konon mampu melakukan baca-tulis lebih cepat 100 kali dibandingkan teknologi flash yang ada saat ini.

Teknologi ini berbasis logam campuran (alloy) yang bisa diubah ke berbagai kondisi fisik (fase/phases) dengan semburan listrik. Di masa lalu, teknologi ini belum bisa dikembangkan dengan baik karena cepat mengalami resistensi pada arus listrik.

Kelemahan lain PCM di masa lalu adalah kemampuan setiap selnya yang hanya bisa menyimpan satu bit data.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here