Joncik Pastikan Bangun Jembatan Darurat, Agar Akses Warga Tak Terputus

0
Bupati Empat Lawang H.Joncik Muhammad saat berbicara dengan Kabid BM Eko Purwanto saat meninjau lokasi ambruknya Jembatan Ayek Bayau. (Foto Bento)

Urban ID - Bupati Empat Lawang H.Joncik, Pastikan segera bangun jembatan darurat agar akses di Dua Kecamatan bisa kembali seperti biasa.

Pembangunan jembatan darurat tersebut disampaikan langsung oleh Joncik. Saat meninjau langsung lokasi jembatan Ayek Bayau, Minggu (04/04/2021).

Bupati yang didampingi oleh beberapa pejabat seperti pejabat PU, Bina Marga, dan Camat meninjau secara langsung jembatan Air Bayau di Desa Muara Danau.

Joncik memastikan tahun 2022 jembatan permanen yang baru akan dibangun. Sedangkan untuk keadaan darurat sementara recananya akan memindahkan jembatan ponton yang ada di kecamatan Ulu Musi.

“Untuk rencana jangka panjang saya pastikan 2022 jembatan permanen yang baru akan dibangun, sedangkan untuk sementara recananya akan menggunakan jembatan ponton dari Ulu Musi” tutur Joncik.

Adapun penanganan darurat jembatan ambruk ini akan didanai oleh APBD Kabupaten tahun 2021, sedangkan jembatan baru permanen nantinya akan diusulkan melalui APBD Provinsi serta kalau memungkinkan juga akan diusulkan melalui APBN.

“Penanganan secara darurat jembatan akan didanai oleh APBD Kabupaten tahun 2021, sedangkan untuk jembatan baru permanen nantinya akan diusulkan melalui APBD Provinsi serta kalau memungkinkan juga akan diusulkan melalui APBN, ” Kata Joncik.

Hal senada disampaikan olehbkepala PU PR Ismail Hakim melalui Kepala Bidang Bina Marga, Eko Purwanto, menegaskan untuk mengatasi kondisi darurat tersebut akan segera dibangun jembatan darurat. Sehingga kendaraan Roda Dua Dan kendaraan roda empat bisa melintas. Dengan demikian akses warga tidak terhambat. Memang warga dari Dua kecamatan tetap bisa melintas akan tetapi harus memutar melalui jalan alternatif dari desa Gunung Meraksa kecamatan Pendopo atau meli tas melalui jalan daerah Jarakan Pendopo. Hal itu sangatlah tidak memungkinkan karena jarak tempuhnya cukup jauh.

“Ya, Secepatnya akan kita bangun jembatan darurat untuk memudhakan akses warga dari Dua Kecamatannya,”terang Eko.

Perlu kami sampaikan, Sekedar informasi, jembatan yang menghubungkan dua kecamatan di kabupaten Empat Lawang ini sebelumnya ambruk akibat dihantam derasnya arus Sungai Bayau yang meluap pada 3 April 2021 dini hari.

Jembatan Sungai Air Bayau ini merupakan akses utama yang menghubungkan warga kecamatan Lintang Kanan dan warga Kecamatan Muara Pinang. (Ben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here