Server Pulih, Disducapil Palembang Kembali Layani Masyarakat

0

Urban ID - v class="news-title-meta">

Ini kabar gembira bagi warga Palembang. Pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang kini telah pulih.

“Ya. Kemarin (20/12/2021) sudah buka. Sesuai janji kita sebelum akhir tahun ini telah kita buka,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Dewi Isnaini, Rabu (22/12/2021).

Ruang server yang terhubung secara online di Disdukcapil pada 17 November lalu terbakar. Akibatnya pelayanan terganggu dan sempat dialihkan ke UPTD 1 Disdukcapil Palembang, di Mal Pelayanan Publik, Jakabaring.

Dewi menyebutkan, dinasnya dibantu oleh Dirjen Capil Kemendagri untuk perbaikan dan pemulihan server yang rusak.

“Ya, alhamdulilah pelayanan sudah mulai normal. Kita maklum juga, karena selama hampir satu bulan kita tidak dapat melayani dan masyarakat sangat menunggu ini. Kemarin saja, hari pertama buka untuk pelayanan pembuatan KTP saja sudah 100-an lebih. Belum lagi ditambah pelayanan administrasi lainnya,” Dewi menerangkan.

Ia melanjutkan, semua pelayanan Disdukcapil sudah bisa dilakukan mulai dari perekaman KTP elektronik, pembuatan KK, Akta Kelahiran, perbaikan elemen dan lain sebagainya.

“Pihak Dirjen Capil juga sudah memantau langsung pelayanan administrasi di hari pertama beroperasi pasca kebakaran,” Dewi menuturkan.

Dia menambahkan, insiden kebakaran dijadikan evaluasi oleh Disdukcapil Palembang untuk meningkatkan keamanan server.

“Kita juga kalau data seluruhnya ke pusat. Dan nanti kita berkoordinasi juga Dinas Kominfo Palembang.”

Terkait waktu pelayanan, Dewi mengatakan normal seperti semula. Yakni mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

“Sekali lagi, kami imbau kepada masyarakat untuk dapat mengurus sendiri semua bentuk pelayanan. Karena semuanya gratis. Jangan sampai menyuruh orang lain atau calo,” demikian Dewi Isnaini. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here