Warganet Heboh, China Airlines Layani Rute Domestik

0

Urban ID - Warganet dikejutkan dengan (screenshoot) tiket pesawat China Airlines dengan nomor penerbangan CI 9798 rute Jakarta-Makassar. Tertulis jadwal keberangkatan dari Jakarta pukul 17.45 WIB dan tiba di Makassar, Sulawesi Selatan pukul 21.05 WITA.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan, rute penerbangan tersebut bukan dilayani China Airlines, melainkan oleh Garuda Indonesia yang bekerja sama dengan China Airlines. Kerja sama itu disebut dengan istilah codeshare.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan mengatakan penerbangan dari Taiwan menuju Makassar, Indonesia. Para penumpang yang berangkat dari bandara di Taiwan tentu menggunakan pesawat China Airlines.

Setibanya di Jakarta, penumpang kemudian melakukan transit bandara dan berpindah pesawat ke Garuda Indonesia yang melayani penerbangan Jakarta-Makassar. Hal itu pun berlaku bagi penumpang dari Indonesia yang ingin terbang ke Taiwan.

Saat berangkat dari Indonesia penumpang menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Setibanya di bandara Taiwan, penumpang selanjutnya berpindah pesawat China Airline. “Pada penerbangan internasional itu bisa dilakukan. Dia hanya menjual rute, bukan penerbangan pesawatnya. Mereka bisa berbagi pemasaran untuk rute domestik itu karena memang sudah ada kerja sama codeshare,” ujar Hengki.

Karena itu, Hengki mengatakan, penerapan codeshare tidak melanggar dan tetap sesuai aturan yang berlaku. Adapun kerja sama tersebut dilakukan secara business to business(B to B) sehingga sepenuhnya diatur oleh masing-masing maskapai.

Seperti diketahui, Garuda Indonesia dan China Airlines merupakan anggota dari aliansi penerbangan internasional Skyteam. China Airlines merupakan maskapai penerbangan milik Taiwan. Karena itu, keduanya bekerja sama dalam melakukan pemasaran tiket penerbangan internasional. (eno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here