Waspada, Bahaya Tidur Dengan Make Up

0

Urban ID - dir="ltr"> Wanita karie yang sangat sering melakukan pekerjaan dengan tuntutan makeup saat ini memang sangatlah banyak, karna penampilan merupakan modal utama dalam bekerja.

Tetapi tidak sedikit juga orang yang ingat  dan mementingkan kebersihan diri saat pulang dari berkerja.

Berikut coba kamu simak informasi mengenai dampak berbahaya tidur dengan masih menggunakan makeup berikut ini.

1. Iritasi

Kebanyakan produk makeup pada dasarnya mengandung bahan kimia yang lambat laun akan menyerap ke dalam kulit jika tidak segera dibersihkan. Oleh karena itu, tidur menggunakan makeup dapat memicu munculnya iritasi kulit akibat paparan bahan kimia yang menempel terlalu lama pada kulit.

2. Menghambat regenerasi kulit

Tidur merupakan saat di mana kulit mengalami generasi. Oleh sebab itu, ketika kulit wajah masih tertutup makeup saat tidur maka kulit tidak dapat bernapas dan memulai proses regenerasi tersebut. Akibatnya, sel-sel kulit tidak akan dapat bekerja dengan baik dan produksi kolagen akan berkurang.

3. Kulit menjadi kering

Kulit wajah merupakan salah satu bagian kulit yang paling sensitif. Untuk itu, tidak menghapus makeup saat tidur juga dapat membahayakan kulit. Dampak yang dapat langsung terjadi biasanya perubahan tekstur kulit yang menjadi lebih kering.

4. Pori-pori tersumbat

Dengan tidak menghapus makeup pada saat tidur, maka pori-pori yang seharusnya dapat bebas dan bernapas menjadi tersumbat. Penyumbatan pori-pori ini akan menyebabkan masalah kulit lain seperti munculnya jerawat dan komedo.

5. Infeksi mata

Tidur dengan salah satu makeup yang berada di area mata seperti eyeshadowternyata dapat sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Sebab, butiran-butiran makeup tersebut dapat masuk ke dalam sela mata yang berujung pada infeksi. Tidak hanya itu, biasanya bulu mata juga akan rontok akibat maskara dan lem bulu mata yang terlalu lama menempel.

6. Sel kulit wajah rusak

Salah satu dampak buruk dari tidur dengan menggunakan makeup adalah rusaknya sel kulit wajah. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan kulit di sekitar area wajah karena dapat menyebabkan penuaan dini bahkan kanker kulit.

7. Bibir kering dan menghitam

Semua area wajah termasuk bibir dapat terpengaruh saat kamu tidur dengan menggunakan makeup. Pasalnya, permukaan bibir yang tertutup oleh lipstik dapat menyebabkan bibir tidak terhidrasi dengan baik. Akibatnya, bibir akan cenderung lebih kering dan berubah warna menjadi kehitaman.

Nah, itu dia beberapa dampak berbahaya yang dapat muncul jika kamu masih tetap malas membersihkan makeup sebelum tidur. Untuk itu, mari rawat kulit dan wajah dengan rutin membersihkannya baik dalam keadaan apapun.
(sherrly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here