5 Jenis Jamu Khasiat Untuk Tubuh

0

Urban ID - Jamu menjadi warisan yang tidak dapat dipisahkan bagi sebagian kalangan di Indonesia. Jamu dianggap obat herbal dari alam yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Beberapa jenis jamu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi.

Nah, berikut ini Urban Id merangkum beberapa jenis jamu gendong yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia dan dinilai memiliki khasiat dan kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Jamu Kudu Laos

Kudu laos merupakan jamu tradisional Indonesia yang bahan utama pembuatannya adalah mengkudu dan laos atau lengkuas. Sebagian masyarakat percaya bahwa jamu ini dapat menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menghangatkan badan, membuat perut terasa nyaman, menambah nafsu makan, melancarkan haid dan dapat menyegarkan badan.

2. Jamu Sinom

Jamu ini dibuat dari daun sinom atau daun asam, rempah-rempah seperti kayu manis dan kunyit. Jamu ini memiliki rasa yang manis dan dipercaya memiliki khasiat sebagai penetral rasa seperti menghilangkan rasa pahit setelah minum jamu lain yang rasanya pahit, meredakan panas dalam, meredakan sariawan, melancarkan pencernaan, menyegarkan tubuh dan berbagai khasiat lain.

3. Jamu Beras Kencur

Jamu ini biasanya selalu ada dijual oleh pedagang jamu gendong. Bahan utama saat membuat jamu beras kencur adalah beras dan kencur. Jamu ini juga dipadu padan dengan asam jawa, jeruk nipis, gula kelapa, dan daun pandan bisa ditambahkan.

Sebagian kalangan percaya, jamu ini dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh, sebagai penyegar tubuh setelah bekerja, meningkatkan nafsu makan, meringankan batuk, mengencangkan perut setelah melahirkan, melancarkan peredaran darah dan manfaat lainnya.

4. Jamu Kunci Sirih

Jamu ini dinilai sangat cocok untuk perempuan, jamu ini dipercaya dapat meredam keputihan, menghilangkan bau badan, mengurangi lemak di perut dan menguatkan tulang dan gigi. Jamu ini juga dinilai dapat memperbanyak air susu ibu.

5. Jamu Pahitan

Seperti namanya, jamu ini rasanya pahit, terbuat dari bahan daun sambiloto, asam jawa, brotowali, temulawak, hingga lempuyang. Sebagian kalangan percaya, jamu ini dapat meringankan gatal-gatal, mengatasi kencing manis, menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol, mengatasi perut kembung, mengatasi pegal, meredakan pusing, dan juga dapat melangsingkan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here